Detail Berita

Manfaatkan Teknologi Pasarkan Produk UKM

Dibuat pada 10 August, 2018, terakhir di modifikasi 10 August, 2018

Manfaatkan Teknologi Pasarkan Produk UKM
Manfaatkan Teknologi Pasarkan Produk UKM

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Berau terus berupaya memberikan pembinaan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Salah satu upaya yang dilakukan yakni memanfaatkan kemajuan teknologi yang dengan memasarkan produk yang dimiliki melalui online.

 

Kepala Diskoperindag Berau, Wiyati mendorong para pelaku usaha ini berkembang dengan melakukan inovasi. Melalui sistem online, diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk para pelaku usaha UKM.

“Manfaatkan kemajuan teknologi sebaik mungkin, bila perlu jika ada yang memesan barang bisa deliveri kalau jaraknya terjangkau. Konsumen sekarang banyak yang nggak mau repot kalau belanja. Entah itu makanan atau barang lainnya, beli barang sampai rumah baru bayar,” ujarnya.

 

Wiyati menyarankan pelaku UKM tidak malu belajar dan mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Dengan strategi bisnis online bakal memberikan kemudahan dan meningkatkan pendapatan UKM. Apalagi saat ini sangat banyak media yang dapat dimanfaatkan dalam menjalankan bisnis online.

 

Wiyati optimistis dua cara tersebut, yakni secara online dan deliveri diterapkan oleh pelaku usaha, hasil penjualan produksinya akan mengalami peningkatan. Sebab strategi penjualan hasil produk tidak cukup pada kualitas barang, tetapi peningkatan pelayanan juga dibutuhkan.

 

“Keuntungan penjualan UKM itu bisa digunakan untuk operasional dan gaji pegawainya. Bila perlu membuat gerai untuk memasarkan semua jenis produk UKM secara online. Jadi bukan hanya hasil produk pribadi yang dipasarkan, tetapi hasil karya pelaku usaha lainnya bisa dipasarkan,” jelasnya.

Sebagai leading sektor pengembangan UKM, Diskoperindag bakal memberikan dukungan penuh bagi pelaku usaha ini. “Sebelumnya kita telah meresmikan klinik kemasan, sekarang bagaimana para pelaku usaha ini dapat memasarkan hasil produknya melalui online agar hasilnya lebih meningkat,” ujarnya.(hms5/asa)