Detail Berita

Pemkab Terapkan Transaksi Non-Tunai

Dibuat pada 8 August, 2018, terakhir di modifikasi 8 August, 2018

Pemkab Terapkan Transaksi Non-Tunai
Pemkab Terapkan Transaksi Non-Tunai

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Pemerintah Kabupaten Berau mulai menerapkan transaksi nontunai. Hal ini mengacu pada surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 910/1867/SJ tanggal 17 April 2017 perihal Implementasi Transaksi Non-Tunai Pada Pemerintah Kabupaten/Kota.

Dalam surat edaran tersebut, Mendagri menginstruksikan seluruh transaksi penerimaan dan pengeluaran daerah yang dilakukan oleh bendahara penerimaan/pengeluaran dan bendahara penerimaan/pengeluaran pembantu wajib dilakukan secara nontunai. Hal ini pun kembali ditegaskan melalui instruksi Bupati Berau Muharram.

Namun dalam penerapannya, Pemkab Berau masih melakukan secara bertahap. Pelaksanaan transaksi nontunai akan dilakukan dalam beberapa tahapan dan tahun 2019 mendatang penerapannya dilakukan secara menyeluruh. Seluruh aktivitas keuangan daerah seperti pembayaran perjalanan dinas dan belanja daerah akan dilakukan secara nontunai melalui perbankan.

“Ditegaskan kembali bahwa Pemkab Berau akan menerapkan transaksi non tunai. Jadi kita lakukan bertahap dan tahap pertama mulai dilaksanakan Juli 2018,” ungkap Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten, Abdurrahman, Selasa (7/8).

Penerapan transaksi nontunai diharapkan dapat meminimalisir tindakan penyelewengan ataupun penggelembungan uang negara. “Jadi tidak ada lagi yang berhubungan langsung semuanya dilakukan secara nontunai. Ini juga merupakan antisipasi terhadap praktik korupsi,” tegasnya.

Untuk pelaksanaanya, Pemkab Berau telah melakukan penjajakan kerja sama dengan perbankan, salah satunya dengan BNI Cabang Tanjung Redeb. Sosialisasi pun telah dilakukan terkait penerapan ini. Program BNI Visa Corporate Card bakal dijalankan transaksi nontunai. Dengan program ini diharapkan bisa memudahkan pengelolaan keuangan daerah mulai dari pengawasan hingga pelaporan pertanggungjawaban.

Pimpinan Bidang Layanan BNI Cabang Tanjung Redeb, Nana Suryana menjelaskan bahwa program ini merupakan upaya dalam pengurangan penggunaan uang tunai di lingkungan Pemkab Berau. BNI menyatakan siap mendukung program transaksi nontunai pada 2019 mendatang. Melalui program ini diharapkan dapat membantu pemerintah daerah. “Banyak kemudahan yang kita dapat lewat transaksi nontunai karena tidak ada lagi sistem manual yang dijalankan. Keamanan pun dipastikan lebih terjamin,” tegasnya.

Sebelumnya, Pemkab Berau telah menerapkan transaksi nontunai dalam pembayaran pajak daerah. Seperti yang telah diterapkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang telah memanfaatkan aplikasi secara online bekerjasama Bank Kaltimtara.(hms5/asa)