Detail Berita

Bupati Kukuhkan Pengurus IKKB

Dibuat pada 8 August, 2018, terakhir di modifikasi 8 August, 2018

Bupati Kukuhkan Pengurus IKKB
Bupati Kukuhkan Pengurus IKKB

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Bupati Berau Muharram, mengukuhkan pengurus Ikatan Kerukunan Keluarga Bajau (IKKB) dan Ikatan Wanita Kerukunan Keluarga Bajau (IWKKB) Kabupaten Berau di Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan, Selasa (7/8).

Pengukuhan tersebut dihadiri Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Berau M Gazali, Asisten II Mansyah Kelana, dan sejumlah pejabat serta tokoh masyarakat Kabupaten Berau. Pengukuhan ini juga dihadiri Datu Hajan Bin H.Gurimbang, pengurus Bajau Samah Samporna dari Sabah, Malaysia.

Teddy N Abay yang dikukuhkan sebagai Ketua IKKB mengungkapkan organisasi IKKB merupakan wadah bagi masyarakat suku Bajau dalam membangun silaturahmi dan melakukan kegiatan positif guna berkontribusi kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Berau secara luas.

IKKB, dikatakannya akan terus berupaya memberikan yang terbaik tidak hanya bagi masyarakat Bajau, namun juga seluruh masyarakat Berau. “IKKB menjadi wadah pemersatu dan kita berupaya untuk terus memberikan kontribusi kepada pemerintah dan juga kepada masyarakat,” ucapnya.

IKKB disampaikan Teddy, telah mengikuti Internasional Konferensi Bajau di Malaysia beberapa tahun lalu. Pengukuhan yang dihadiri pengurus Bajau Samah Samporna-Sabah, Malaysia juga merupakan kebanggaan masyarakat Berau. Tahun depan, konferensi internasional itu diharapkan bisa digelar di Berau.

Bupati Berau Muharram dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pengurus IKKB dan IWKKB yang telah dikukuhkan dengan harapan dapat terus berkontribusi dan berperan membantu pemerintah. Paguyuban IKKB, kata bupati, memiliki peran penting karena telah mengerjakan sebagian dari tugas pemerintah dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. “Mereka yang tergabung dalam kepengurusan organisasi IKKB adalah mereka yang ingin mengabdikan diri dan memberikan manfaat kepada orang lain,” ujarnya.

Selain itu, paguyuban-paguyuban yang ada juga membantu pemerintah melestarikan seni dan budaya daerah. Melalui IKKB segala potensi kesenian dan kebudayaan daerah akan terus dijaga dan dipelihara melalui sanggar seni kepada generasi muda.

“Apa yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita harus terus dilestarikan dan menjadi sumber inspirasi dalam paguyuban. Memiliki peran membantu sesama. Baik dalam pengembangan sumber daya manusia maupun dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelas Muharram.

Pemkab Berau, lanjut Muharram, mendukung keberadaan paguyuban seperti IKKB dan IWKKB di Kabupaten Berau. Ia berharap organisasi tidak hanya semarak pada pengukuhan, namun juga dapat menyusun program kerja dengan baik dalam menjalankan perannya kepada masyarakat. (hms4/asa)