Detail Berita

Wabup Usulkan Derawan Masuk 11 Bali Baru

Dibuat pada 8 August, 2018, terakhir di modifikasi 8 August, 2018

Wabup Usulkan Derawan Masuk 11 Bali Baru
Wabup Usulkan Derawan Masuk 11 Bali Baru

PROKAL.COPekan lalu, sejumlah anggota DPR RI dari Komisi X melakukan kunjungan kerja di Berau. Sempat berkunjung ke Pulau Derawan, salah satu tugas komisi membidangi Pariwisata, Pendidikan, Kebudayaan, Ekonomi Kreatif, Pemuda dan olahraga, itu. Meski hanya beberapa jam, namun kunjungan itu memberi kesan mendalam.

 

KETIKA kabar rombongan Anggota Komisi X akan berkunjung ke Berau, yang terbayang adalah akan bertemu beberapa selebriti yang juga Anggota DPR RI yang bakal ikut serta.  Seperti  Djamal Mirdad, Guruh Soekarno Putra, Vena Melinda, Anang Hermansyah, dan sejumlah nama lainnya. Namun sayangnya, nama-nama yang populer di masyarakat itu tak ikut rombongan. Yang ada hanya beberapa nama yang dipimpin Hetifah Sjaifudian, Anggota DPR RI daerah pemilihan Kaltim dan Kaltara.

Kunjungan ke Pulau Derawan memang tidak tertulis di agenda. Yang ada hanya mengunjungi dua keraton dan museum serta kegiatan sentra ekonomi kreatif di bawah koordinasi Diskoperindag dan Dekranasda Berau. Namun, selang beberapa menit setelah rombongan tiba di Bandara Kalimarau, tiba-tiba muncul gagasan untuk berkunjung ke Derawan walau hanya sejenak.

Kebetulan pada hari yang sama, rombongan Komisi IX DPR RI juga berkunjung ke Berau yang konsentrasi pada pengelolaan BPJS dan sasarannya beberapa perusahaan. Juga melakukan kegiatan di Pulau Derawan. Setelah pertemuan pada malam harinya, Komisi IX juga memastikan ikut ke Pulau Derawan. “Kami jadwalkan pulang siang, sebab harus kembali ke Jakarta pada sore harinya dengan penerbangan Garuda,” kata Hetifah.

Wakil Bupati (Wabup) Berau Agus Tantomo mendampingi bersama Asisten II Mansyah Kelana serta Kadisdik, Kadispora maupun Kadisbudpar Berau. Dari Jakarta juga ikut staf ahli menteri pariwisata bidang kemaritiman Giri Adnyani. Tiba di Derawan menjelang siang setelah menempuh perjalanan laut sekira 90 menit dan langsung ke resor Bumi Manimbora Interbuana (BMI).

Setelah istirahat, rombongan meninjau Landmark yang berada di pantai Derawan yang merupakan bantuan Bank Indonesia cabang Kaltim. Serta melihat salah satu sekolah dasar yang ada di Pulau Derawan.

Dari diskusi bersama Wabup Agus Tantomo, bercerita sekitar pulau Wisata yang ada di Berau. Melalui telepon genggamnya, wabup memperlihatkan atraksi Hiu Tutul kepada Rinto Subekti dan Hetifah. “Berau terbilang lengkap, mulai dari terumbu karang, Penyu Hijau, Manta Ray serta Hiu Tutul,” ungkap wabup.

Ia pun sedikit berkilas balik bahwa Derawan pernah masuk 10 besar destinasi wisata di Indonesia. “Saya bingung, koq sekarang nama Derawan tidak masuk lagi,” kata wabup.

Inilah yang menjadi salah satu harapan wabup kepada anggota DPR RI agar Derawan bisa berada di posisi itu.  Kalau tak bisa lagi masuk Top Ten (10 Besar), mungkin bisa menjadi Top Eleven (11 Besar).  Atau bisa saja dilakukan Beauty Contest (Kontes kecantikan/keindahan) antara Derawan dengan destinasi lainnya yang masuk 10 Bali Baru, itu. “Kita kontes saja,” kata wabup disambut senyum oleh para wakil rakyat di Senayan, itu. (hms/asa)