Detail Berita

Berau Tuan Rumah Hari Remaja Internasional

Dibuat pada 8 August, 2018, terakhir di modifikasi 8 August, 2018

Berau Tuan Rumah Hari Remaja Internasional
Berau Tuan Rumah Hari Remaja Internasional

PROKAL.COTANJUNG REDEB – Kabupaten Berau ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Remaja Internasional se-Kaltim. Acara ini akan dilaksanakan Minggu (12/8) di Balai Mufakat, Tanjung Redeb.Rencananya, kegiatan akan dibuka secara resmi oleh Bupati Berau Muharram. Pelaksanaan Hari Remaja Internasional akan diisi oleh berbagai kegiatan khususnya dalam penguatan remaja di era keterbukaan informasi yang terjadi saat ini. 

Kepala Bidang Ketahanan Kesejahteraan Keluarga, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3) Berau, Yusriansyah menyampaikan pelaksanaan ini juga akan dirangkai dengan beberapa perlombaan yang diikuti seluruh peserta. 
“Setelah pelaksanaan Jambore, kali ini kita ditunjuk melaksanakan Hari Remaja Internasional tingkat provinsi,” ujarnya.
Menurut Yusriansyah, penguatan remaja saat ini harus dilakukan dengan maksimal. Mengingat banyak tantangan yang dihadapi, mulai dari pergaulan bebas hingga penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Padahal remaja merupakan aset yang harus dibina sejak dini untuk melanjutkan pembangunan ke depan. “Karena mereka-lah nantinya yang akan memimpin negara ini ke depan, mereka-lah yang akan menjaga kedaulatan negara ini dari berbagai ancaman. Oleh karena itu begitu pentingnya mendidik karakter dan mental para remaja,” ujarnya.
Ia mengatakan saat ini banyak permasalahan yang dihadapi para remaja, sehingga remaja harus membentengi diri. “Tidak ada orang lain yang bisa membantu kalau remaja tidak berniat dan berusaha melindungi dirinya sendiri dari pengaruh-pengaruh negatif,” jelasnya.
Melalui peringatan Hari Remaja Internasional yang digelar nanti diharapkan menjadi momentum pengingat kepada seluruh remaja untuk dapat menguatkan diri sebagai generasi bangsa. Tentu hal ini menjadi tugas utama pemerintah daerah dalam memberikan penguatan. Berbagai upaya pun telah dilakukan untuk membina para remaja, salah satunya dengan pembentukan Pusat Informasi Konseling (PIK). Sudah terbentuk 27 PIK melalui jalur pendidikan dan empat dari jalur masyarakat. Selain itu, juga telah ada forum anak. Melalui upaya ini diharapkan dapat mengurangi dan menjauhkan remaja dari pengaruh negatif.(hms5/asa)