Detail Berita

Kampung Sambakungan Gelar Pilkakam PAW

Dibuat pada 12 July, 2018, terakhir di modifikasi 12 July, 2018

Kampung Sambakungan Gelar Pilkakam PAW
Kampung Sambakungan Gelar Pilkakam PAW

PROKAL.COTANJUNG REDEB – Kampung Sambakungan, Kecamatan Gunung Tabur, menggelar pemilihan kepala kampng (Pilkakam) Pergantian Antar Waktu (PAW), Rabu (11/7).

Pilkakam dilakukan setelah kepala kampung sebelumnya mengundurkan diri dan diberhentikan dengan hormat sesuai SK Bupati Berau Nomor 59 Tahun 2018 tanggal 22 Januari 2018.

Dasar pelaksanaan Pilkakam PAW adalah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pasal 47 ayat (3) yang menyebutkan bahwa kepala desa dipilih berdasarkan musyawarah desa, kemudian Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 56 yang menyebutkan bahwa dalam hal sisa masa jabatan kepala desa yang berhenti dari 1 tahun karena diberhentikan maka diadakan pemilihan kepala desa melalui musyawarah desa.

Selain itu, berdasarkan Pemendagri Nomor 65 Tahun 2017 Pasal 47A  ayat (3), Perda Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pemilihan kepala Kampung Pasal 68 ayat (3) kepala kampung sebagaimana dimaksud dipilih melalui musyawarah kampung dan Perbup Nomor 35 Tahun 2015 Pasal 58 ayat (4) yang menyatakan musyawarah kampung yang diselengggarakan khsusus untuk pelaksanaan pemilihan kepala kampung antar waktu dilaksanakan paling lambat dalam jangka waktu 6 bulan terhitung sejak kepala kampung diberhentikan.

Dalam Pilkakam di Sambakungan ini ada dua calon yang mengikuti pemilihan, Murdiansyah dan Rizal. Setelah dilaksanakan pemilihan yang diikuti oleh 93 pemilih berdasarkan daftar pemiliha tetap (DPT), Rizal berhasil mendapatkan suara terbanyak yaitu 44 dari total pemilih. Sementara Murdiansyah mendapatkan suara sebanyak 41.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, ilyas Natsir menyampaikan bahwa hasil pemilihan kepala kampung antar waktu (PAW) ini hanya menjabat sampai dengan menghabiskan sisa masa jabatan kepala kampung sebelumnya sampai dengan Bulan Oktober 2019. “Kita berharap kepala kampung yang terpilih ini bisa menjalankan tugas dengan baik dan maksimal. Melanjutkan program pembangunan yang telah disusun dan sedang berjalan hingga berakhirnya masa jabatan nantinya. Sehingga program pembangunan bisa terlaksana sesuai dengan apa yang telah direncanakan,” katanya.(hms5/asa)