Detail Berita

Jemaah Calon Haji Siap Berangkat

Dibuat pada 12 July, 2018, terakhir di modifikasi 12 July, 2018

Jemaah Calon Haji Siap Berangkat
Jemaah Calon Haji Siap Berangkat

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Calon jemaah haji Kabupaten Berau mengikuti pembinaan manasik haji tingkat Kabupaten Berau yang dibuka secara resmi oleh Bupati Berau Muharram, di Balai Mufakat, Tanjung Redeb, Rabu (11/7).

Selama dua hari, jemaah calon haji diberi pembekalan oleh narasumber baik materi maupun praktik menunaikan ibadah haji sebagai bekal di tanah suci nanti. Tahun ini, jemaah calon haji yang siap berangkat terdiri dari 67 laki laki dan 82 jemaah perempuan. Untuk usia termuda berusia 28 tahun dan tertua 70 tahun.

Kepala Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Berau, Alfi Taufik menyampaikan tahapan pembinaan manasik haji merupakan kebijakan pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) dalam penyelenggaraan ibadah haji. Di mana, ada tiga dasar dalam penyelenggaraan ibadah haji yaitu, pembinaan jemaah, pelayanan jemaah, dan perlindungan kepada jemaah.

“Ketiga aspek ini merupakan pokok penyelenggaran ibadah haji, seluruh unsur ini harus maksimal dalam mencapai kesuksesan ibadah haji,” ungkapnya.

Sehingga pembinaan yang dilakukan Kemenag selaku operator utama penyelenggaraan ibadah haji sangat diperlukan untuk suksesnya seluruh rangakain penyelenggaraan haji. Melalui manasik haji ini diharapkannya jemaah Kabupaten Berau menjadi jemaah yang mandiri. Artinya dapat melakukan rangkaian ibadah haji secara tidak lagi bergantung penuh kepada petugas pendamping.

“Ini harapan yang dimaksud, sehingga manasik dilaksanakan secara terus menerus. Jemaah tidak terpaku kepada petugas, apalagi jumlah petugas yang terbatas setiap kloter haji,” ungkapnya.

Kemenag terus melakukan peningkatan pelayanan, seperti scanning imigrasi yang sudah bisa dilaksanakan di beberapa embarkasi di Tanah Air sebagai pilot project. Sehingga jemaah saat di bandara Arab Saudi tidak lagi melakukan scanning imigrasi. Selain itu, gelang haji setiap jemaah juga sudah dilengkapi data profil yang bisa dideteksi melalui aplikasi untuk memudahkan jemaah.

Bupati Berau Muharram mengucapkan selamat kepada seluruh jemaah yang menjadi tamu Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji tahun 1439 Hijriah. Muharram mengingatkan para jemaah bersungguh-sungguh meluruskan niat melaksanakan ibadah guna mencapai predikat haji yang mabrur. “Kita luruskan niat, kita bersungguh-sungguh melaksanakan ibadah haji yang kita tunaikan,” ucapnya.

Bupati Muharram juga mengingatkan para jemaah selalu menjaga kesehatan sehingga dapat mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik dan lancar. “Untuk itu bimbingan manasik haji ini harus diikuti dengan serius dan maksimal. Manasik haji ini penting bagi para jemaah calon haji,” ujarnya. (hms4/asa)