Detail Berita

Empat Kampung Terhubung Jalur Darat

Dibuat pada 12 July, 2018, terakhir di modifikasi 12 July, 2018

Empat Kampung Terhubung Jalur Darat
Empat Kampung Terhubung Jalur Darat

PROKAL.COTANJUNG REDEB – Proyek pembangunan jalan di Kecamatan Maratua terus dikebut. Hingga saat ini, progres proyek tahun jamak/Multi Years Contract (MYC) ini telah mencapai 70 persen.

Guna memastikan pengerjaan berjalan maksimal, Bupati Berau Muharram meninjau lokasi pembangunan pada pekan lalu. Hadir pula Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Berau Gazali serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bupati Muharram meninjau progress pembangunan jalan yang sedang dikerjakan. Pengerjaan dilakukan mulai dari Kampung Teluk Harapan hingga Kampung Teluk Alulu, Kecamatan Maratua.

Usai meninjau, Bupati Muharram menyampaikan bahwa pemerintah akan terus berupaya memenuhi fasilitas pendukung khususnya di pulau terdepan ini. Sebagai beranda terdepan yang berbatasan dengan Negara tetangga sekaligus destinasi wisata unggulan, tentu pemenuhan fasilitas pulau ini harus ditingkatkan guna menunjang peningkatan kunjungan wisatawan. Begitu juga kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses sejumlah kampung yang ada.

“Dengan adanya jalan tembus sampai ke Teluk Alulu memberikan peluang masyarakat secara umum. Saya lihat sudah mulai muncul cafe maupun usaha lainnya. Kita harap ini bakal menjadi peluang menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Rahmad menyampaikan bahwa pemerintah akan mengebut pengerjaan jalan ini. Diharapkan pengerjaan bisa berjalan lancar. Apalagi dalam waktu dekat akan ada beberapa even besar yang diselenggarakan di Maratua, seperti Maratua Jazz and Dive Fiesta, green sepeda serta lomba dayung.

“Saya kira ini sangat perlu untuk dikerjakan secepatnya sehingga bisa mendukung even wisata tahun ini,” katanya.

Direktur Utama PT Pelita Sakti Samarinda, Sutrisno mengatakan anggaran pengerjaan jalan ini bersumber dari dua anggaran yakni APBD dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Untuk proyek APBD, saat ini progresnya mencapai 70 persen, sementara pengerjaan jalan dari DAK mencapai 55 persen. Total panjang jalan yang dibangun nantinya 29 kilometer dengan anggaran Rp 50 miliar dari APBD Berau dan Rp 21 miliar dari DAK.

“Saat ini yang sedang kita kerjakan adalah jalan dari Teluk Harapan sampai Tanjung Bahaba. Sekarang masih tahap pembukaan jalan, target Agustus sudah mulai diaspal. Januari 2019 sudah mulus semuanya,” ungkapnya.

Pihaknya pun berupaya mengebut pengerjaan dalam mendukung event daerah yang akan berlangsung Juli hingga Oktober nanti. “Kita akan berupaya memuluskan jalan hingga dermaga. Jalan dari dermaga ke bandara sepanjang 11 kilometer,” ujarnya.(hms5/asa)