Detail Berita

Galakkan Program B2SA Berbasis Pangan Lokal

Dibuat pada 7 June, 2018, terakhir di modifikasi 7 June, 2018

Galakkan Program B2SA Berbasis Pangan Lokal
Galakkan Program B2SA Berbasis Pangan Lokal

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Dalam rangka menggalakkan program pola konsumsi B2SA (beragam, bergizi, seimbang dan aman) berbasis bahan pangan lokal. Dinas Pangan Kabupaten Berau, menggandeng Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) sebagai mitra dalam mendorong percepatan pelaksanaan program pola konsumsi B2SA di Bumi Batiwakkal.

Hal ini sebagai tindak lanjut dari amanah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17/2015 tentang Ketahanan Pangan dan Peraturan Presiden Nomor 22/2009 tentang Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal.

Dalam mewujudkan kerja sama, dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Kepala Dinas Pangan Kabupaten Berau Fattah Hidayat dengan Ketua TP PKK Kabupaten Berau, Sri Juniarsih Muharram, di Sekretariat PKK Berau, Senin (4/6).

Dalam perjanjian kerja sama Dinas Pangan bersama TP PKK Kabupaten Berau, bergandengan tangan melaksanakan tugas bersama untuk memasyarakatkan pola konsumsi B2SA ke masyarakat Kabupaten Berau. Upaya memberikan tambahan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengolah bahan pangan lokal menjadi hidangan B2SA. Menjamin keamanan pangan sehingga sehat dan aman dikonsumsi keluarga. Serta Membina upaya pemanfaatan pekarangan sehingga pekarangan dijadikan sumber bahan pangan keluarga.

Pola konsumsi B2SA ini dapat dijadikan upaya memperbaiki derajat kesehatan dan gizi masyarakat. Dengan menggunakan bahan pangan lokal maka B2SA juga mengajarkan kepada masyarakat bahwa dengan menggunakan bahan yang ada disekitar kita, mudah didapat dan dengan biaya murah dapat diolah menjadi makanan yang mampu memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga.

“Untuk mewujudkan suksesnya program B2SA ini Dinas Pangan menggandeng TP PKK kabupaten Berau sebagai mitra untuk bekerja sama mendorong percepatan pelaksanaan B2SA,” ungkap Kepala Dinas Pangan,Fattah Hidayat.

Sementara Ketua TP PKK Berau, Sri Juniarsih Muharram, mengatakan, bagi TP PKK Kabupaten Berau program B2SA telah menjadi bagian dari program pokok PKK khususnya program kelompok kerja (Pokja) 3 yang menangani bidang pangan. Upaya pemanfaatan pekarangan dilakukan oleh TP PKK melalui kegiatan HATINYA PKK (Halaman Asri Teduh Indah dan Nyaman) dimana halaman dapat diberdayakan dan ditata menjadi indah dan juga mampu menyediakan kebutuhan pangan bagi keluarga. “Sehingga dengan MoU ini akan semakin memberikan semangat dan motivasi kedua pihak dalam mensukseskan program B2SA di Kabupaten berau,” tandasnya. (hms4/app)