Detail Berita

Dishub Bersiap Jelang Lebaran

Dibuat pada 7 June, 2018, terakhir di modifikasi 7 June, 2018

Dishub Bersiap Jelang Lebaran
Dishub Bersiap Jelang Lebaran

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Tak terasa Lebaran Idulfitri sudah semakin dekat. Hari kemenangan bagi umat Islam itu tinggal menyisahkan beberapa pekan lagi. Beberapa persiapan sudah mulai dilakukan dari sekarang. Salah satunya persiapan juga dilakukan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan.

Dijelaskan Kepala Dishub Berau, Abdurrahman, meskipun lebaran masih beberapa minggu lagi, namun pihaknya sudah mulai melakukan beberapa persiapan untuk mengantisipasi adanya kendala yang ditemui saat mudik nantinya.

Dalam mempersiapkan arus mudik melalui jalur darat, Abdurrahman menyampaikan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pengusaha angkutan. Dan dipastikan bahwa saat ini telah ada empat unit bus yang telah siap melayani perjalanan masyarakat yang ingin mudik nantinya. Bus yang dioperasikan ini melayani rute Tanjung Redeb-Bulungan dan Tanjung Redeb-Samarinda.

Abdurrahman juga mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik menggunakan jalur darat dengan transportasi pribadi, agar dapat mempersiapkan kendaraannya dengan maksimal. Dengan memenuhi kelengkapan berkendara dan mengantisipasi terjadinya pengangkutan beban yang berlebihan. “Biasa mudik kan dengan keluarga besar, jangan sampai terjadi over kapasitas beban muatan kendaraan. Karena akan membayakan dalam berkendara nantinya. Tidak hanya bagi pemudik tapi orang lain juga. Ini harus menjadi perhatian bersama untuk dipatuhi,” tegasnya.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini juga arus mudik akan dipantau melalui pos pengamanan bersama dengan pihak kepolisian, akan ada empat pos pengamanan yang ditempatkan di lokasi-lokasi strategis. “Kita harap semuanya berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Selain mudik lebaran, Dishub juga mempersiapkan diri dalam pelaksanaan libur panjang nantinya. Tentu dalam momen ini akan terjadi peningkatan kunjungan ke sejumlah objek wisata, baik dari dalam maupun luar daerah. Dalam hal ini Dishub telah berkoordinasi dengan PT Pelindo dan Polsek Tanjung Batu dalam mengantisipasi tingkat kunjungan wisata ke Pulau Derawan dan sekitarnya. “Kita juga ingatkan kepada para pengusaha jasa transportasi air untuk mempersiapkan sarana dan prasarana dalam mendukung kelancaran ini. Karena keselamatan para penumpang harus tetap dijaga,” pungkasnya. (hms5/app)