Detail Berita

“Drive Man On The Drive Place”

Dibuat pada 17 May, 2018, terakhir di modifikasi 17 May, 2018

Drive Man On The Drive Place
Drive Man On The Drive Place

PROKAL.COTANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau terus berupaya meningkatkan kinerja di berbagai bidang untuk mewujudkan program prioritas pembangunan. Sehingga capaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) hingga tahun 2021 bisa terwujud.

Seperti disampaikan Bupati Berau Muharram dalam rapat paripurna DPRD Berau dengan agenda penyampaian Rekomendasi DPRD Kabupaten Berau terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Berau Tahun Anggaran 2017, yang dilaksanakan Rabu (16/5).

Bupati menyampaikan Pemkab Berau selalu berbenah dan melakukan evaluasi terhadap program-program pembangunan yang dijalankan selama ini. Apa saja yang masih menjadi kekurangan akan terus diperbaiki dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Berau.

Dimana, saat ini visi yang akan dijalankan adalah ‘Mewujudkan Berau Sejahtera, Unggul Dan Berdaya Saing Berbasis Sumber Daya Manusia Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Secara Berkelanjutan’.

“Perbaikan terus kita lakukan dalam upaya menjalankan roda pemerintahan yang memiliki kinerja baik sebagai wujud nyata pembangunan daerah,” ujar Muharram.

Dalam kesempatan tersebut, DPRD menyampaian empat rekomendasi untuk ditindaklanjuti sebagai bagian dalam perbaikan kinerja pemkab ke depan. Empat rekomendasi tersebut di antaranya, rekomendasi yang telah disampaikan pada LKPJ Bupati Berau tahun anggaran 2016 yang belum ditindaklanjuti masih merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rekomendasi ini.

Harus dilakukan peningkatan kualitas SDM aparatur yang berkaitan dengan upaya untuk menjamin lancarnya pelaksanaan program pembangunan dan mengoptimalkan pelayanan publik, maka pemerintah daerah dalam menempatkan aparatur pada jabatannya hendaknya mengacu pada prinsip “Drive Man On the Drive Place” (menempatkan seseorang pada bidang keahliannya), tidak semena-mena memutasi pegawai di sembarang tempat yang bukan bidangnya, serta tetap berpedoman pada peraturan ASN.

Kemudian, terus diupayakan untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat, Pemkab Berau harus menjamin pemerataan kesempatan belajar bagi seluruh masyarakat dan didukung oleh pelayanan kesehatan yang terus ditingkatkan. Sedangkan untuk merealisasikan “Optimalisasi pemanfaatan SDA yang ramah lingkungan” Pemerintah Kabupaten Berau harus mendorong berkembangnya ekonomi kerakyatan di pedesaan melalui pengembangan sektor pertanian dalam arti luas dan pariwisata.

Bupati Muharram menegaskan, pemerintah bersungguh-sungguh menjadikan rekomendasi ini sebagai masukan yang akan digunakan sebagai perbaikan kinerja ke depan.

“Segala koreksi, kritik dan saran yang membangun menjadi modal berharga untuk perbaiki kekurangan dan kelemahan yang terjadi. Karena pemerintah memiliki tanggung jawab besar untuk senantiasa memajukan Berau dan mewujudkan masyarakat sejahtera,” pungkasnya. (hms5/asa)