Detail Berita

Wabup Sidak Gudang Distributor Sembako

Dibuat pada 16 May, 2018, terakhir di modifikasi 16 May, 2018

Wabup Sidak Gudang Distributor Sembako
Wabup Sidak Gudang Distributor Sembako

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Wakil Bupati (Wabup) Berau Agus Tantomo didampingi Kapolres Berau AKBP Pramuja Sigit Wahono memimpin inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah gudang milik distributor kebutuhan pokok di Kota Tanjung Redeb, Selasa (15/5).

Sidak yang dilakukan ini guna mengantisipasi terjadinya lonjakan harga serta kelangkaan bahan pangan menjelang Ramadan hingga Idulfitri nanti. Wabup bersama tim mendatangi tiga gudang distributor sembako terbesar di Berau yakni gudang CV Panen Raya Abadi di Jalan AKB Sanipah II, gudang UD Simpati di Jalan Durian III, dan gudang UD Sinar Mas di Jalan S.A Maulana, Tanjung Redeb

Di tiga lokasi tersebut, Wabup Agus Tantomo bertemu pemilik usaha dan memantau pasokan kebutuhan bahan pokok di masing-masing gudang. Kondisi serta stok yang dimiliki dan memantau harga pasaran sembako saat ini.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang kita lakukan menjelang Ramadan hingga Lebaran. Tujuannya untuk mengetahui stok dan harga bahan pokok. Jangan sampai terjadi kelangkaan dan permainan harga,” ujarnya.

Setelah meninjau satu per satu gudang penyimpanan sembako, Wabup Agus Tantomo mengatakan cadangan bahan pokok mencukupi kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga usai lebaran. Karena pasokan serta stok yang dimiliki masing-masing distributor memenuhi jumlah kebutuhan masyarakat.

Sementara untuk harga, setelah memantau tiga lokasi tersebut, Agus Tantomo menilai harga bahan pokok saat ini relatif stabil. Bahkan cenderung menurun. Harga masih stabil, tidak ada lonjakan. Pihaknya juga tidak menemukan pengusaha yang menimbun bahan pokok.

“Jadi khusus untuk bahan pokok seperti beras yang didatangkan dari luar daerah cenderung menurun harganya. Karena ongkos angkut menggunakan petikemas juga mengalami penurunan,” jelasnya.

Agus Tantomo mengimbau masyarakat tidak khawatir dengan cadangan bahan pokok di Berau, pasalnya para distributor setiap bulan mendatangkan stok baru, sementara stok lama bisa bertahan untuk mencukupi kebutuhan selama lebaran nanti. Ia juga memastikan akan terus memantau perkembangan harga dan kebutuhan bahan pokok di pasaran selama bulan puasa hingga lebaran.

“Kita akan terus memantau agar tidak terjadi penimbunan barang dan lonjakan harga yang tidak normal,” pungkasnya. (hms5/asa)