Detail Berita

Lagi, STIEM Cetak 139 Sarjana

Dibuat pada 16 May, 2018, terakhir di modifikasi 16 May, 2018

Lagi, STIEM Cetak 139 Sarjana
Lagi, STIEM Cetak 139 Sarjana

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Wakil Bupati (Wabup) Berau Agus Tantomo menghadiri wisuda 139 sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah (STIEM) Tanjung Redeb, di Graha Pemuda Tanjung Redeb, Selasa (15/5) kemarin.

Di hadapan ratusan sarjana, Wabup Agus Tantomo mengucapkan selamat kepada wisudawan yang telah berhasil meraih gelar sarjana ekonomi yang telah diimpikan dan selamat memasuki dunia baru dengan berbagai tantangan yang dihadapi dalam mencapai cita-cita.

Menururt wabup, wisuda zaman sekarang berbeda dengan wisuda zaman dulu. Dimana, kemudahan mencari pekerjaan pasca-wisuda masih sangat mudah. Namun saat ini, saat diwisuda, para sarjana harus memikirkan apa yang harus diperbuat setelah lulus dari bangku kuliah.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta revolusi industri yang dilakukan, tenaga kerja semakin tidak dibutuhkan. Segala sesuatu telah dilakukan secara praktis dengan menggunakan teknologi canggih. Hal ini dipengaruhi dengan kemajuan teknologi dan internet yang banyak pekerjaan terdahulu dilakukan manusia, saat ini telah dikerjakan dengan mesin atau robot. “Ini tantangan, semakin sulitnya mencari lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Wabup berharap wisudawan maupun para mahasiswa mulai sekarang sudah harus bisa mempersiapkan diri menghadapi tantangan ini. Tidak untuk mencari pekerjaan tapi bagaimana bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga dengan ilmu yang telah diperoleh mampu berinovasi dan berkreativitas memanfaatkan kemajuan teknologi dalam berusaha dan membuka lapangan pekerjaan.

Setelah memasuki dunia kerja, disampaikan wabup, nilai yang diperoleh tidak terlalu memberikan pengaruh, bahkan ijazah dan asal perguruan tinggi pun tidak lagi dipertanyakan. Namun siapa yang nanti mampu meningkatkan etos kerja dan terus berkreativitas dan meningkatkan produktivitas, maka itu yang nantinya akan selalu menjadi yang terbaik. “Di dunia kerja kita harus terus menunjukkan etos kerja yang baik, berinovasi dan kreatif,” ungkapnya.

Wabup juga berharap para lulusan STIEM Tanjung Redeb ini tidak hanya mampu menggapai cita-cita, tapi harus mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk bekerja dan mengelola potensi daerah, termasuk potensi sumber daya alam. “Ini yang juga harus kita lakukan berbagai ilmu yang kita miliki untuk meningkatkan SDM lainnya,” tandasnya.

STIEM Tanjung Redeb menggelar wisuda angkatan XI sebanyak 139 sarjana meliputi Jurusan Studi Ekonomi Pembangunan 29 wisudawan, Jurusan Ekonomi Manajemen 57 wisudawan, dan Jurusan Akuntansi 59 wisudawan.

Ketua STIEM Berau, Muhammad Bayu mengatakan wisudawan terbaik dari angkatan XI diraih Reza Rahmadani dari Jurusan Ekonomi Manajemen dengan IPK 3,81. Herlinawati Jurusan Akuntansi IPK 3,79, dan Agusfitria Jurusan Ekonomi Pembangunan IPK 3,76.(hms4/asa)