Detail Berita

Kampung Inaran Deklarasikan Tiga Pilar STBM

Dibuat pada 16 May, 2018, terakhir di modifikasi 16 May, 2018

Kampung Inaran Deklarasikan Tiga Pilar STBM
Kampung Inaran Deklarasikan Tiga Pilar STBM

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Kampung Inaran, Kecamatan Sambaliung, kini selangkah lebih maju. Hal itu diungkapkan Bupati Berau Muharram saat menghadiri Deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan tiga pilar sekaligus pada Selasa (15/5).

Kampung yang berada di bantaran Sungai Kelay tersebut kini lebih baik dalam pengelolaan kesehatan dengan tiga pilar utama yaitu stop buang air besar sembarangan (SBABS), mencuci tangan pakai sabun (CTPS), dan pengolahan air minum rumah tangga (PAM-RT) dan makanan dengan aman.

Tiga pilar ini dideklarasikan Kepala Kampung Inaran, Misbahuddin bersama Ketua Adat dan perwakilan masyarakat dengan pembacaan deklarasi dilanjutkan penandatanganan deklarasi yang disaksikan Bupati Muharram.

Bupati Muharram mengapresiasi Pemerintah Kampung Inaran bersama masyarakat mendeklarasikan STBM. Terlebih Inaran menjadi kampung pertama yang mendeklarasikan tiga pilar sekaligus.

Prestasi ini diharapkan bupati, menjadi motivasi bagi kampung lain di Kabupaten Berau, sehingga seluruh kampung dapat mewujudkan lingkungan yang sehat dengan sanitasi total berbasis masyarakat yang terus diprogramkan pemerintah pusat hingga ke daerah. “Selamat untuk Kampung Inaran, dan saya katakan kini Inaran selangkah lebih maju dari kampung lainnya di Kabupaten Berau,” ungkapnya.

Deklarasi ini diharapkan Muharram dapat terus dipertahankan dengan terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Seiring dengan peradaban kehidupan manusia yang lebih maju, maka dalam pola hidup bersih dan sehat juga harus terus diterapkan. Salah satunya tidak ada lagi masyarakat membuang air besar sembarangan. Sehingga seluruh rumah penduduk harus dilengkapi fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK).

Hal ini sudah sukses diwujudkan di Kampung Inaran. “Setiap rumah harus sudah dilengkapi WC dan bagi warga yang tidak mampu bisa dibantu melalui ADK (Alokasi Dana Kampung),” jelas bupati.

Termasuk pengelolaan air minum secara baik dan ini juga telah diwujudkan di Kampung Inaran dengan baik. Sehingga Bupati Muharram berharap apa yang telah dilakukan terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi.

Kepala Kampung Inaran, Misbahuddin mengatakan deklarasi STBM merupakan komitmen seluruh masyarakat yang selama ini mendapat pendampingan dari Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Sambaliung. Dalam mendukung penyediaan sarana dan prasarana seperti MCK maupun sistem pengolahan air minum telah mendapat dukungan PT Berau Coal, perusahaan pertambangan batu bara bersama mitra kerja yang beroperasi di wilayah Kampung Inaran. (hms4/asa)