Detail Berita

14 Agenda di Puncak Hari Jadi Berau

Dibuat pada 10 July, 2013, terakhir di modifikasi 10 July, 2013

Lomba Tumpeng Puncak Rasul
Lomba Tumpeng Puncak Rasul
TANJUNG REDEB - Sejumlah rangkaian agenda kegiatan akan digelar di Kabupaten Berau. Selain Festival Derawan 2013, pada September mendatang Pemerintah Kabupaten Berau juga akan menggelar pesta rakyat dengan 14 agenda yang merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Berau ke-60 dan Kota Tanjung Redeb ke-203. Agenda Hari Jadi Berau ini juga bakal menjadi rangkaian Festival Derawan yang juga rangkaian Sail Komodo 2013.
 
Untuk memastikan pelaksanaan Hari Jadi Berau, Panitia yang dikomandani Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Jonie Marhansyah, Selasa (9/7) kemarin, menggelar rapat pemantapan panitia yang melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Tidak hanya membahas agenda kegiatan yang digelar sejak 10 September hingga puncak hari jadi pada 15 September mendatang, tetapi juga dibahas berbagai persiapan. Termasuk penentuan tempat-tempat kegiatan, sehingga tidak berbenturan dengan agenda Festival Derawan yang juga padat di sepanjang Agustus hingga September nanti.
 
Kegiatan hari jadi akan diawali dengan lomba kuliner yang digelar 10 September. Dilanjutkan dengan lomba puncak Rasul di esokan harinya. Selanjutnya di 12 September digelar tiga agenda bersamaan. Di antaranya pawai budaya, atraksi panjat piruai atau panjang madu yang biasa dilakukan masyarakat pedalaman berau dan lomba tarik tambang. Selanjutnya ada upacara adat kawin bathin dan pameran benda-benda pusaka.
 
Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Rohaini, tahun ini juga kembali digelar lomba perahu panjang yang sudah menjadi tradisi hari jadi Berau setiap tahunnya. Kegiatan yang digelar 14 September akan dirangkai dengan atraksi pulas kayu. Tahun ini panitia juga akan menggelar penampilan Sendratari Mutiara Bhenika di Bumi Batiwakkal yang akan dipusatkan di lapangan Pemuda Tanjung Redeb. “Sementara untuk puncak perayaan akan digelar upacara hari jadi dan sidang paripurna istimewa DPRD pada 15 September mendatang,” jelasnya.
 
Tahun ini, panitia juga akan menggelar pameran pembangunan bertajuk Rohaini mengatakan, Berau Expo 2013. Pameran yang digelar 2 tahunan ini akan dibuat meriah karena merupakan rangkaian yang paling ditunggu masyarakat. Pameran selama sepekan itu juga akan menampilkan berbagai hasil pembangunan dan potensi Bumi Batiwakkal.
 
Sekkab Jonie Marhansyah, dalam arahannya meminta seluruh panitia melakukan pemantapan dan koordinasi secara berkala untuk menyukseskan perayaan hari jadi nanti. Pasalnya pesta tahun ini tidak hanya dihadiri masyarakat Kabupaten Berau. Namun juga wisatawan dari berbagai daerah se-Indonesia dan internasional seiring dengan Festival Derawan. “Kita harus mantapkan koordinasi untuk menyukseskan acara ini,” tandasnya. (hms4/one)