Detail Berita

Pemkab Segera Rancang Draf PKS

Dibuat pada 12 March, 2018, terakhir di modifikasi 12 March, 2018

Pemkab Segera Rancang Draf PKS
Pemkab Segera Rancang Draf PKS

PROKAL.COTANJUNG REDEB – Pemkab Berau terus bergerak cepat melakukan pengembangan kemitraan program Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) seiring dengan telah dilakukannya penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antara Pemkab Berau dengan perusahaan, dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

Draf Perjanjian Kerja Sama (PKS) akan segera dibahas dan difinalkan dalam waktu dekat. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau Ilyas Natsir kepada wartawan, Minggu (11/3) kemarin.

Dijelaskannya, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah terkait guna membahas draf PKS yang memuat secara detail kerja sama kemitraan yang dilakukan antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat petani. Baik dengan Dinas Perkebunan maupun Dinas Pertanian dan Peternakan. Pasalnya, dalam MoU tersebut akan dilakukan pengembangan Prukades di Kabupaten Berau, tahap awal akan difokuskan pada komoditi kakao, lada, jagung, dan peternakan sapi.

“Sesuai arahan Kementerian Desa, kita akan segera tindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama. Dalam beberapa hari terakhir, kami adakan pertemuan dengan OPD terkait membahas draf PKS untuk segera difinalkan,” jelas Ilyas.

Ia berharap arahan Kementerian Desa ini dapat segera diimplementasikan. Setidaknya dalam tiga bulan ke depan sudah ada progresnya. Bagaimana memberikan pendampingan hingga program-program yang dilakukan dalam mendorong pengembangan Prukades tersebut.

Melalui program Prukades yang digagas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tersebut, Pemkab Berau melakukan kerja sama dengan perusahaan swasta untuk membangun pertanian.

Bupati Berau Muharram telah menandatangani MoU bersama PT Berau Coal dan Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo. Bersama PT Berau Coal, Pemkab Berau akan mengembangkan produk kakao. Selain Berau Coal, Bupati Muharram juga melakukan penandatanganan MoU bersama PT HQ Corpora Putra, forum komunikasi petani dan pengumpul jagung nusantara. PT HQ siap mendukung pengembangan jagung, lada maupun peternakan sapi di Berau.

Perusahaan sebagai mitra kerja akan mensuport pemanfaatan, pengembangan dan pengelolaan komoditi unggulan di Berau yang tertuang dalam nota kesepahaman tersebut. Pemberdayaan dan pembinaan petani, serta perlindungan, pemeliharaan, pemulihan dan peningkatan fungsi lahan pertanian. Pembinaan dan pendampingan badan usaha milik kampung (BUMK) sebagai pelaku usaha pertanian. Peningkatan kompetensi sumber daya manusia di bidang penyelenggaraan pertanian, serta kegiatan lain yang disepakati para pihak sesuai ketentuan yang ada.(hms4/asa)