Detail Berita

Kunjungan Wisatawan Ditarget Meningkat

Dibuat pada 12 March, 2018, terakhir di modifikasi 12 March, 2018

Kunjungan Wisatawan Ditarget Meningkat
Kunjungan Wisatawan Ditarget Meningkat

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau menggandeng pengelola resor mengikuti pameran Deep and Extreme Indonesia 2018 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) sejak Kamis (8/3) hingga Minggu (11/3).

Potensi pariwisata bahari dengan keindahan alam dan keragaman biota laut ditampilkan di ajang pameran bertema “The Asian Biggest Dive and Adventure Show Deep Extreme 2018” tersebut.

 

Tidak hanya promosi keindahan bawah laut Berau, pemkab yang menggandeng pelaku usaha pariwisata khususnya pengelola resor di kepulauan derawan dan maratua langsung menjual paket wisata. Pengunjung yang datang dan mendapat informasi sekilas tentang Pariwisata Bumi Batiwakkal, bahkan langsung memesan paket wisata yang ditawarkan.

Keberadaan penyu hijau, ubur-ubur tidak menyengat, pari manta, hingga whale shark menjadi daya tarik pengunjung. Belum lagi promosi berbagai fasilitas yang disediakan pengelola resor hingga kemudahan akses menuju objek wisata.

Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo yang turun langsung mempromosikan wisata Berau, kepada pengunjung deep and extreme 2018, mengungkapkan even seperti ini dalam perjalanannya terbukti sangat efektif mempromosikan pariwisata di Indonesia, khususnya spot diving. Di mana, melalui even ini semua terkumpul termasuk klub selam. Sehingga even ini dinilai paling efektif mempromosikan spot selam di Berau.

“Setiap tahun kami ikut dan tahun ini belajar dari tahun sebelumnya. Kami lebih khusus mengambil tempat lebih besar dan lebih strategis,” ungkapnya.

Dari beberapa kali mengikuti pameran Deep and Extreme, lanjut wabup, sangat memberikan dampak positif terhadap kunjungan wisatawan ke Berau. Pasalnya, dari sekian banyak yang berkunjung di antaranya ada yang mendapatkan informasi setelah berkunjung ke stan pameran Berau.

“Apalagi di stan Berau para pengelola resor ikut berpartisipasi melakukan promosi dan menjual paket pariwisata dengan harga promo,” jelasnya.

Dengan gencarnya melakukan promosi pariwisata melalui berbagai even termasuk Deep and Extreme 2018. Wabup mengajak masyarakat Berau khususnya masyarakat sekitar objek wisata bahari untuk terus mempersiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik, agar wisatawan yang datang mendapat kesan baik sehingga berencana kembali berkunjung ke Berau. Termasuk menjaga kebersihan objek wisata. Seperti yang saat ini menjadi isu nasional maraknya sampah plastik di spot selam yang menurut wabup perlu menjadi perhatian bersama.

“Saya mengajak masyarakat terutama pengelola resor bersama-sama peduli akan kebersihan objek wisata,” imbaunya. (hms4/asa)