Detail Berita

Wabup Desak PLN Segera Operasikan PLTU Teluk Bayur

Dibuat pada 13 February, 2018, terakhir di modifikasi 13 February, 2018

Wabup Desak PLN Segera Operasikan PLTU Teluk Bayur
Wabup Desak PLN Segera Operasikan PLTU Teluk Bayur

PROKAL.COTANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau terus berupaya memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Salah satunya adalah pemenuhan listrik yang selama ini masih mengalami defisit.

Pemkab Berau pun mendorong agar PLTU Teluk Bayur yang dibangun PT PLN bisa secepatnya dioperasikan.

Saat ini, masih ada beberapa permasalahan di lapangan yang membuat PLTU berkapasitas 2x7 Megawatt (Mw) tersebut belum bisa dioperasikan. Salah satunya adalah perizinan lahan yang akan digunakan PT PLN untuk membangun jaringan.

Seperti yang terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Pemkab Berau, PT PLN dan PT BJU. Rapat yang dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Agus Tantomo di ruang rapat Kakaban, Sekretariat Kabupaten (Setkab) Berau, kemarin (12/2) membahas pengoperasian PLTU Teluk Bayur.

Wabup Agus Tantomo meminta PT PLN segera menyelesaikan pembangunan, sehingga pengoperasian pembangkit listrik tenaga uap tersebut juga bisa segera dioperasikan dan dapat dirasakan masyarakat Berau.

Menurut Wabup, kesiapan PLTU Teluk Bayur sudah maksimal, tinggal menunggu pengoperasian saja. “Dari hasil tinjauan saya beberapa waktu lalu, terlihat bahwa seluruh mesin dalam kondisi siap. Kita harap ini bisa secepatnya beroperasi,” katanya.

Sementara dalam hal persoalan peminjaman izin lahan oleh PT PLN dengan perusahaan. Wabup juga berharap persoalan yang dihadapi manajemen PLN untuk pengoperasian PLTU tersebut dapat ditemukan titik terangnya di RDP tersebut.

“Apa saja yang menjadi persoalan sekarang ini harus bisa kita selesaikan secepatnya,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, kondisi defisit listrik yang terjadi saat ini, solusinya adalah pengoperasian PLTU Teluk Bayur. Mengingat kondisi mesin yang ada di PLTU Lati belum terlalu optimal. Ada tiga boiler yang masing-masing berkapasitas 1x7 Mw, dan kondisinya saat ini sering mengalami kerusakan.

“Jika terjadi pemeliharaan mesin, maka pemadaman juga terjadi. Listrik kita sekarang ini pas-pasan, jadi perlu ada solusi cepat, dan itu kita harapkan dari PLTU Teluk Bayur,” jelas wabup. (hms5/asa)