Detail Berita

Perkokoh Persaudaraan, Promosi Pariwisata

Dibuat pada 2 January, 2018, terakhir di modifikasi 2 January, 2018

Perkokoh Persaudaraan, Promosi Pariwisata
Perkokoh Persaudaraan, Promosi Pariwisata

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Masyarakat Kabupaten Berau memiliki ragam kebudayaan yang tersebar di seluruh kecamatan. Warisan yang terus dipertahankan itu, juga menjadi daya tarik pariwisata di Bumi Batiwakkal-sebutan Kabupaten Berau.

Salah satu tradisi yang masih dipertahankan hingga saat ini adalah meja panjang oleh masyarakat Kampung Merasa, Kecamatan Kelay.

Tradisi yang digelar rutin setiap akhir tahun tersebut, kembali dilaksanakan, Kamis (28/12). Acara yang dihadiri Asisten I Sekretariat Kabupaten (Setkab) Berau, Anwar serta jajaran pejabat Pemkab Berau.

Dalam tradisi ini setiap rukun tetangga (RT) di Kampung Merasa menyuguhkan makanan dan minimuman serta berbagai jenis buah segara pada satu meja panjang. Selanjutnya, masyarakat di saling mengunjungi dan bersilaturahmi.

Kebersamaan yang masih terus dipertahankan sebagai bagian membangun dan memperkokoh persaudaran serta merajut silaturahmi.

Bupati Muharram dalam sambutan yang dibacakan Asisten I Setkab Berau Anwar mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang yang sangat positif dalam promosi wisata. Dari keseluruhan acara, ia menilai sudah sangat baik dan harus dipertahankan hingga tahun-tahun berikutnya. “Melalui prosesi ini kita memberikan makna yang dalam dan teladan kepada anak generasi saat ini untuk terus merajut dan membangun kebersamaan. Silaturahmi kepada sesama sudah dilaksanakan dengan kegiatan pesta bersama pada zaman dahulu dilakukan di rumah panjang yang merupakan rumah bagi masyarakat Dayak. Tradisi ini pun terus berlanjut yang kini dinamakan dengan meja panjang,” imbuhnya.

Selain menjadi acara rutin tahunan, Anwar juga meminta kepada seluruh panitia pelaksana agar mengisi kegiatan ini dengan berbagai kreativitas. Tidak hanya sekadar mengadakan acara yang sama setiap tahunnya tapi memperbanyak kegiatan di dalamnya. Dengan pengemasan secara rapi, ia percaya daya tarik yang disuguhkan bisa mengundang wisatawan lokal dan mancanegara. “Jadi bukan hanya kita dan warga sekitar saja tapi bisa mengundang wisatawan asing juga hadir ke sini. Bahkan menjadi agenda tetap dalam kalender wisata di Berau sebagai referensi wisatawan,” pungkasnya. (hms5/rio)