Detail Berita

Jaga Keselamatan Berkendara

Dibuat pada 2 January, 2018, terakhir di modifikasi 2 January, 2018

Jaga Keselamatan Berkendara
Jaga Keselamatan Berkendara

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Jelang akhir tahun 2017, arus lalu lintas di jalan raya diprediksi bakal mengalami peningkatan dan kepadatan seiring dengan musim liburan sekolah serta perayaan tahun baru 2018.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Berau Abdurrahman mengimbau masyarakat yang ingin melakukan perjalanan agar mengutamakan keselamatan dengan selalu waspada dan memperhatikan kondisi kendaraan.

Bagi warga yang menggunakan kendaraan pribadi maupun mobil taksi untuk berlibur, agar terlebih dahulu memeriksa serta memperhatikan kondisi kendaraan sebelum berangkat. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih arus kendaraan di jalan raya akan meningkat khususnya di beberapa tempat keramaian, seperti jalan menuju objek wisata.

“Sebelumnya kita juga telah melakukan pemeriksaan kendaraan untuk melihat kelaikannya. Begitu juga dengan taksi di Bandara sudah kita bekali dengan fasilitas dasar seperti kotak P3K,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Abdurrahman, kendaraan yang dipergunakan juga jangan sampai melebihi kapasitas muatan. Harus bisa disesuaikan dengan kondisi kendaraan, sehingga tingkat keamanan lebih terjaga. Karena selama ini, pihaknya sering menemui masalah seperti itu. “Akan lebih berbahaya dan tingkat risiko juga tinggi. Lebih baik kita mencegah sebelum terjadi kecelakaan,” lanjut Abdurrahman.

Sementara untuk pengendara yang menggunakan sepeda motor juga diimbau untuk tetap disiplin dalam berkendara dengan menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI) demi keamanan dan keselamatan pengendara sendiri. Demikian juga dengan perlengkapan sepeda motor seperti spion dan surat-surat kendaraan seperti surat izin mengemudi (SIM), dan surat tanda nomor kendaraan (STNK) jangan lupa dibawa.

“Jika mereka sudah melakukan seperti itu, artinya meraka sudah menjaga keamanan dan keselamatan dalam berlalulintas. Dengan demikian, saya yakin jumlah lakalantas tahun ini akan menurun, bahkan kalau bisa Zero Accident,” harap Abdurrahman.

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan instansi terkait dalam menjaga arus lalu lintas yang tergabung dalam Operasi Lilin 2017. Dishub sendiri menurunkan 15 personel yang ditempatkan di dua pos penjagaan.

“Sejauh ini kondisi masih kondusif dan lancar, belum ada kecelakaan sama sekali. Kita berharap situasi ini bisa terjaga sampai akhir tahun nanti,” pungkasnya.(hms5/asa)