Detail Berita

Pemkab Bentuk Tim Pokja Kebersihan

Dibuat pada 11 October, 2017, terakhir di modifikasi 11 October, 2017

Pemkab Bentuk Tim Pokja Kebersihan
Pemkab Bentuk Tim Pokja Kebersihan

PROKAL.CO, TANJUNG REDEB - Melibatkan seluruh stakeholder dalam upaya mewujudkan Berau Hijau, Bersih dan Sehat, Pemerintah Kabupaten Berau membentuk tim kelompok kerja (Pokja) Kebersihan.

Pokja yang melibatkan seluruh elemen ini diharapkan mampu berkontribusi dalam pengelolaan lingkungan dengan baik yang akhirnya turut mendongkrak capaian penilaian Adipura.

Memantapkan pembentukan tim Pokja, Selasa (10/10) kemarin, digelar pertemuan yang dipimpin Wakil Bupati Berau Agus Tantomo bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait serta dunia usaha di Kabupaten Berau.

Dalam pertemuan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, memaparkan hasil penilaian titik pantau Adipura yang telah diterima. Sehingga dari capaian penilaian yang perlu mendapat perhatian menjadi bahasan serius untuk dapat ditingkatkan. Seperti kawasan permukiman penduduk di kawasan pasang surut, sepanjang Jalan Ahmad Yani maupun beberapa ruas protokol dalam kota.

Selain itu, pengelolaan persampahan seperti di perkantoran, sekolah, Pasar Sanggam Adji Dillayas, hingga pengelolaan di tempat pemrosesan akhir (TPA) menjadi perhatian serius.

Wabup Agus Tantomo, mengharapkan seluruh kawasan dalam Kota Tanjung Redeb menjadi perhatian serius. Tidak hanya yang menjadi titik pantau Adipura, namun harus secara menyeluruh. Meskipun titik pantau menurutnya perlu perhatian yang lebih ekstra.

Untuk itu, dalam tim pokja yang awalnya tim pokja Adipura, ditegaskan Agus akan lebih luas cakupannya dengan menjadi tim pokja kebersihan. “Jadi tim ini tidak hanya untuk mencapai Adipura, namun harus lebih luas dengan menjadi tim pokja kebersihan,” tegasnya.

Pemkab Berau ditegaskan Agus Tantomo memberikan perhatian serius dengan memenuhi fasilitas pendukung termasuk mobil penyapu jalan dan penyedot debu. Dengan fasilitas ini diharapkannya akan semakin memaksimalkan kerja petugas kebersihan yang dibantu masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang bersih. Pengelolaan kebersihan tidak cukup hanya dilakukan pemerintah namun harus secara bersamaan. Gerakan massal dalam mewujudkan kebersihan ditegaskan Agus Tantomo harus dilakukan secara serentak dan bersama-sama. “Kita harus ada gerakan massal bersama-sama mewujudkan kebersihan ini,” tegasnya.

Dalam mewujudkan program Berau Hijau, Bersih dan Sehat, dunia usaha di Kabupaten Berau diharapkannya dapat berkontribusi dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Menurut Agus Tantomo peran dunia usaha sangat penting untuk bisa menjadikan Kabupaten Berau, khususnya kota Tanjung Redeb yang teduh dan nyaman. Kondisi ini juga turut mendorong keindahan kota sebagai salah satu destinasi wisata.