Detail Berita

Harus Jeli Tangkap Peluang Usaha

Dibuat pada 9 October, 2017, terakhir di modifikasi 9 October, 2017

Harus Jeli Tangkap Peluang Usaha
Harus Jeli Tangkap Peluang Usaha

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Bupati Berau Muharram, membuka Abut Banua Fest 2017 yang digelar di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb, Sabtu (7/10) lalu. Festival yang digelar Komunitas Wirausahawan Muda Berau (KWMB) menghimpun para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Berau, bersama-sama mempromosikan produk-produk unggulannya.

Gelaran kali pertama ini, mendapat apresiasi Bupati Muharram yang mengaku bangga dengan kreativitas anak-anak muda Kabupaten Berau.

Dalam kesempatan itu Bupati Berau Muharram, mengungkapkan peluang usaha di Kabupaten Berau begitu banyak, sehingga generasi muda harus jeli menangkap peluang usaha ini, yang terpenting mau memulai dari bawah. Meskipun dalam kenyataan diakuinya tidak sedikit ketika generasi muda sudah memiliki ijazah sarjana, langsung ingin menjadi pegawai, ingin bekerja menjadi manajer.  Dan inilah yang menurutnya harus diubah dengan berpikir menjadi pengusaha yang dimulai dari yang sederhana. Terjadi kegagalan bukan menjadi masalah, karena dengan mencoba terus maka akan bisa belajar dan berhasil menjadi sukses.

“Jangan berpikir hanya ingin menjadi pegawai atau karyawan yang habis bulan habis gaji, tapi mending buka usaha yang dimulai dari kecil sampai nantinya menjadi besar,” ungkapnya.

Prinsip usaha disampaikan Muharram, yang terpenting adalah jangan sampai besar pasak dari pada tiang. Jangan sampai pengeluaran jauh lebih besar dari keuntungan yang diterima. Sehingga pola hidup sederhana dari pelaku usaha harus ditanamkan. Sehingga belanja unuk konsumtif harus lebih rendah dari target pendapatan usaha setiap harinya.

”Jangan sampai dagang-dagang, ada pendapatan langsung belanja konsumtif besar, setelah dihitung terjadi modal terpakai,” jelasnya.

Sebagai pengusaha pemula, Bupati Muharram mengaku senang kepada wirausahawan muda Berau yang membentuk komunitas dan mampu menggelar Abut Banua Fest. Orang nomor satu di Bumi Batiwakkal ini, yakin anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas ini akan menjadi mampu menjadi pengusaha sukses dengan bekal semangat awal yang dimiliki.

Sebagai pengusaha muda diharapkannya rajin membawa buku-buku enterpreuner, yang memberikan motivasi dalam membangun usaha. “Saya memberikan acung jempol kepada anak-anak muda yang membentuk komunitas ini, dan event ini merupakan awal yang baik” ungkapnya.

Bupati Muharram mengharapkan generasi muda Kabupaten Berau, dapat menangkap setiap peluang dan mampu menjadi pengusaha yang baik. Jangan sampai generasi muda Berau menjadi penonton, namun harus mampu menunjukkan kreativitas dan menjadi sukses di negeri sendiri.

“Saya mengharapkan kalian untuk terus berinovasi dan saya selalu membuka peluang usaha dengan membangun jaringan yang baik,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Muharram juga mengunjungi setiap stand yang menampilkan berbagai produk unggulan daera, mulai dari berbagai jenis kuliner maupun hasil kreatifitasi anak muda Berau. (hms4/app)