Detail Berita

Akhir September, Terbang Langsung ke Maratua

Dibuat pada 12 September, 2017, terakhir di modifikasi 12 September, 2017

Akhir September, Terbang Langsung ke Maratua
Akhir September, Terbang Langsung ke Maratua

PROKAL.CO, TANJUNG REDEB - Bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang selama ini mengeluhkan waktu perjalanan lumayan panjang untuk tiba di Pulau Maratua, akan mendapatkan pilihan baru. Kabarnya, maskapai Garuda Indonesia akan melakukan penerbangan langsung dari Bandara Sepinggan, Balikpapan menuju Bandara Pulau Maratua.

Beberapa sumber yang didapatkan, menyebutkan layanan penerbangan tersebut akan dilakukan maskapai Garuda Indonesia yang akan mengoperasikan jenis pesawat ATR-72. Walaupun jadwalnya belumlah setiap hari.  Namun, penerbangan masih dilaksanakan setiap akhir pekan.  Yakni, pada hari Sabtu ke Maratua dari Balikpapan dan sebaliknya pada hari yang sama.

Kehadiran maskapai Garuda Indonesia yang akan memberikan pelayanan kepada wisatawan, merupakan hasil kerja sama salah satu resort yang ada di Pulau Maratua. Jadi ini semacam penerbangan carter, namun juga memberikan kesempatan pada penumpang lainnya yang ingin berwisata ke Pulau Maratua.

Karena yang melakukan kerja sama adalah operator wisata di Pulau Maratua, diperkirakan tamu yang lebih banyak berasal dari Eropa akan tiba dalam jumlah yang cukup banyak setiap bulannya.  Andai saja, tamu resort asal Eropa dan negara lainnya memanfaatkan separo dari kursi yang tersedia, maka jumlah kunjungan akan lebih banyak lagi setiap bulannya.

Bupati Berau Mauharram, menyambut baik terobosan yang dilakukan resort di Pulau Maratua yang melakukan penerbangan carter.  Bisa jadi, terobosan tersebut sebagai langkah perintis, dan pada akhirnya akan dilanjutkan dengan penerbangan berjadwal.”Kita berterima kasih dengan resort, apalagi juga memanfaatkan tamu atau wisatawan domestik,”kata Muharram.

Penerbangan tersebut, sekaligus menjawab salah satu keluhan wisatawan yang merasa waktunya tersita hanya untuk sebuah perjalanan sebelum tiba di Maratua. Sehingga, ketika penerbangan carter ini mulai berjalan, wisatawan bisa lebih awal dan lama menginap juga akan bertambah.”Tinggal memilih, apakah akan kembali dengan pesawat yang sama ke Balikpapan, atau menumpang pesawat lainnya melalui Tanjung Redeb,”ungkapnya.

Hingga saat ini, baru pesawat Susi Air yang melakukan layanan penerbangan pada setiap hari Rabu dengan rute, Tarakan-Maratua-Tanjung Redeb.  Bila Garuda ATR-72 beroperasi, maka jadwal penerbangan akan bertambah di hari Sabtu.  Secara ekonomis, penerbangan ini cukup menguntungkan bagi wisatawan mancanegara maupun domestik.