Detail Berita

Bupati Tekankan Jangan Hanya Kejar Juara

Dibuat pada 10 August, 2017, terakhir di modifikasi 10 August, 2017

Bupati Tekankan Jangan Hanya Kejar Juara
Bupati Tekankan Jangan Hanya Kejar Juara

PROKAL.CO, TANJUNG REDEB - Sebanyak 45 pelajar jenjang SMA dan SMK dari 7 kecamatan se Kabupaten Berau mengikuti seleksi pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalulintas dan angkutan jalan tahun 2017, yang digelar Dinas Perhubungan Kabupaten Berau. Seleksi yang dimulai kemarin (9/8), dibuka secara resmi Bupati Berau, Muharram, dengan ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penyerahan kelengkapan seleksi.

Dalam menjalankan perannya, selain menata sarana dan prasana jalan yang aman dan nyaman bagi masyarakat, serta melengkapi dengan regulasi yang mengaturnya, Dinas Perhubungan juga tidak lepas dari peran masyarakat sebagai penggunanya. Ketiga hal ini menurut Muharram harus bersinergi positif, sehingga target akhirnya tercapai dalam memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam menikmati lalulintas dan angkutan jalan.

Dihadapan puluhan peserta seleksi, Bupati Muharram menekankan pentingnya peran pelajar pelopor keselamatan lalulintas, sebagai garda terdepan dalam memberikan teladan berlalulintas yang baik. Tujuan pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalulintas ini ditegaskan Muharram memiliki maksud besar, karena pelajar sebagai generasi muda sebagai pelopor dalam memberikan pengaruh kepada yang lain. “Pelopor adalah garda terdepan untuk menjadi contoh untuk dapat diikuti teman-teman yang lain, pelajar menjadi pelopor keselamatan lalulintas agar ditiru oleh teman teman lainnya,” ungkapnya.

Untuk itu, Muharram berpesan agar pelajar yang mengikuti pemilihan pelopor keselamatan lalulintas ini tidak hanya sebatas mengikuti seleksi untuk menjadi juara yang terbaik, namun benar benar bisa memberikan pengaruh kepada seluruh generasi muda Kabupaten Berau untuk sama-sama tertib berlalulintas.

Muharram pun menginginkan agar setiap sekolah membentuk dan memilih pelopor keselamatan lalulintas, sehingga semakin banyak pelajar yang mengerti dan memahami peraturan berlalulintas dan menjadi pelopor di sekolah dan lingkungannya. “Yang membentuk itu adalah para pelajar yang telah mengikuti seleksi pemilihan pelopor keselamatan lalulintas ini. Harapan kita seperti itu,” ucapnya.

Lebih lanjut, Muharram berharap kepada agar pelajar yang nantinya terpilih dan mewakili Kabupaten Berau pada tingkat yang lebih tinggi di Provinsi Kaltim, dapat memberikan yang terbaik. Terlebih dalam beberapa tahun terakhir  perwakilan Berau selalu berhasil mempertahankan peringkat pertama di Kaltim. “Kita berharap dapat menjadi yang terbaik dan saya merasa kita punya kans besar untuk kembali menjadi juara,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Abdurrahman, didampingi Kabid Lalu Lintas Abdul Azis, mengungkapkan, pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalulintas melibatkan instansi terkait, seperti Satlantas Polres Berau, Jasa Raharja, maupun Dinas Kesehatan.

Pemilihan tersebut digelar selama dua hari, yang diawali dengan pembekalan oleh narasumber kepada peserta. Adapun seleksi selain dilakukan dengan ujian tertulis, juga makalah serta presentasi yang langsung dilakukan peserta dihadapan tim penilai. Perlu diketahui Kabupaten Berau sejak tahun 2014 terus meraih juara pertama di tingkat provinsi Kaltim. Bahkan pada tahun 2015 lalu wakil Berau yang ke mengikuti pemilihan tingkat nasional berhasil meraih juara favorit nasional.