Detail Berita

Pekan Raya Berau Digelar September

Dibuat pada 10 August, 2017, terakhir di modifikasi 10 August, 2017

Pekan Raya Berau Digelar September
Pekan Raya Berau Digelar September

PROKAL.CO, TANJUNG REDEB - Gelaran Berau Expo yang menjadi rangkaian peringatan hari Jadi Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb untuk tahun ini dipastikan tidak digelar. Pemerintah Kabupaten Berau melakukan evaluasi dari even tahunan tersebut yang dinilai belum optimal mencapai target yang diharapkan, selain juga karena keterbatasan anggaran pendapatan daerah yang mengalami penurunan. Namun sebagai gantinya, Pemkab Berau mendapat dukungan dari even organezer (EO) yang akan menggelar Pekan Raya Berau (PRB) bertema Menuju Berau Makin Berkilau.

Rencana PRB 2017 yang akan digelar pada September mendatang, dipaparkan manajemen EL Productions sebagai penyelenggara yang bekerjasama dengan komite nasional pemuda Indonesia (KNPI) dan didukung Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Berau.

Dihadapan Bupati Muharram dan Wakil Bupati Agus Tantomo, serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, Ali Usman perwakilan dari El Productions memaparkan, pelaksanaan PRB yang dijadwalkan berlangsung selama 10 hari, yakni sejak 3 hingga 12 September di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb dengan tidak hanya diikuti lingkup Kabupaten Berau.

PRB akan dibuat lebih meriah dengan peserta dari luar daerah. Bahkan utusan luar negeri juga bakal turut hadir dan memeriahkan PRB. Hingga saat ini disampaikan Ali sudah ada Rusia dan Tahiland yang mengkonfirmasi untuk hadir. “Even ini berskala internasional, karena peserta kita undang dari luar Berau bahkan dari luar negeri,” ungkapnya.

Bupati Muharram memberikan apresiasi adanya EO yang menggelar Pekan Raya Berau yang nantinya menjadi bagian kemeriahan hari jadi Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb pada September mendatang.

Pemkab Berau pada tahun 2017 dikatakannya memang tidak melaksanakan pemeran pembangunan daerah bertajuk Berau Expo, yang dinilai belum memberikan dampak signifikan terhadap investasi daerah. Disamping juga cukup beralasan tidak dilaksanakan pada tahun ini dengan anggaran yang mengalami penurunan. “Alhamdulillah ini ada EO yang berpengalaman untuk menggelar even mengisi kekosongan kita, tanpa kita harus mengeluarkan dana yang berarti. Ini sesuatu yang positif,” ungkapnya.

Sehingga saat EO bersama organisasi yang ada mengajukan usulan direspon positif dan diapresiasi untuk diselenggarakan di Kabupaten Berau. Bupati Muharram berharap dukungan dari seluruh OPD terkait dalam pelaksanaan even ini.

Sementara, Wakil Bupati Agus Tantomo menyampaikan hal yang sama terkait ditiadakannya Berau Expo yang telah melalui evaluasi bersama. Namun melalui gelaran PRB diharapkannya juga akan turut memberikan dampak terhadap investasi daerah, juga promosi pariwisata yang menjadi target utama. Sehingga EO penyelenggara diharapkan dapat mengundang para pengelola pariwisata untuk dapat turut serta berpromosi. Begitu juga dengan Kadin sebagai pendukung penyelenggara juga dapat mengundang kadin dari berbagai daerah untuk turut serta hadir dan memeriahkan Pekan Raya Berau 2017.