Detail Berita

Konstruksi Ditarget Selesai Tepat Waktu

Dibuat pada 8 August, 2017, terakhir di modifikasi 8 August, 2017

Konstruksi Ditarget Selesai Tepat Waktu
Konstruksi Ditarget Selesai Tepat Waktu

PROKAL.CO TANJUNG REDEB - Perbaikan Jalan bujangga yang ambles, menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Berau. Meskipun perbaikan jalan poros nasional tersebut dikerjakan dengan program kegiatan Kementerian Pekerjaan Umum. Namun Pemkab Berau melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) terus memantau progres penanganan jalan utama bagi masyarakat keluar dan masuk Kota Tanjung Redeb ini.

Kepala DPU Berau, Basri Sahrin, beserta jajarannya yang melakukan peninjauan baru-baru ini, mengatakan proses perbaikan jalan bujangga dengan konstruksi jembatan tersebut sudah mulai berjalan. Bahkan, berdasarkan kegiatan di lapangan dan laporan kontraktor pelaksana progres pembangunan sudah mencapai lebih dari 30 persen. Sehingga target penyelesaian kontruksi jalan di bantaran sungai segah ini diyakini bisa tepat waktu pada akhir tahun 2017 ini.

“Pengerjaannya sudah sekitar 30 persen dan konstruksinya ditarget bisa tuntas Desember ini,” jelasnya.

Konstruksi jalan diketahui, menggunakan pile slab dan sisi darat diamankan dengan turap beton.

Setelah nantinya konstruksi selesai dibangun, disampaikan Basri, sesuai tahapannya masih ada pemeliharaan dan juga sertifikasi dari pihak kementerian untuk memastikan apakah jalan tersebut sudah laik untuk dilintasi. Begitu juga dengan pembatasan beban kendaraan akan disesuaikan setelah nantinya konstruksi jembatan Bujangga selesai.

“Targetkan Desember, tapi nanti setelah itu kan ada masa uji coba dulu, termasuk sertifikasi dari tim kementerian,” ungkapnya.

Namun yang pasti ditegaskan Basri, sesuai dengan komitmen dari pelaksana di lapangan pekerjaan akan ditarget bisa tepat waktu. Terlebih di lapangan material yang dibutuhkan juga sudah tersedia, seperti tiang pancang yang didatangkan dari luar Berau sudah berada di lokasi. Nantinya akan menggunakan kontruksi beton sehingga tiang pancang yang digunakan tiang panjang baja. “Semua material sudah ada di lokasi dan tadi kontraktornya komitmen bisa selesai tepat waktu,” tandasnya.

DPU disampaikan Basri, akan terus berkoordinasi dengan satuan kerja di Kementerian Pekerjaan Umum yang menangani jalan bujangga, termasuk secara berkala turut melakukan pemantauan di lapangan. Pasalnya, jalan bujangga ini menjadi harapan masyarakat untuk bisa segera dilintasi. Tidak hanya sebagai akses utama keluar dan masuk kota, namun juga menjadi akses penggerak ekonomi masyarakat sekitarnya. (hms4/app)