Detail Berita

Munculkan Klub Sepak Bola Unggulan Berau

Dibuat pada 8 August, 2017, terakhir di modifikasi 8 August, 2017

Munculkan Klub Sepak Bola Unggulan Berau
Munculkan Klub Sepak Bola Unggulan Berau

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Bupati Berau Muharram, membuka turnamen sepak bola di Lapangan Siranuddin Kecamatan Gunung Tabur, Senin (7/8) sore kemarin. Sebanyak 37 klub sepak bola se Kabupaten Berau berlaga untuk memperebutkan piala bergilir pada kejuaraan ke-11 tersebut.

Pembukaan ditandai dengan penyerahan piala bergilir dan tendangan perdana oleh Bupati Muharram.

Dalam kesempatan itu, Bupati Muharram menaruh harapan penyelenggaran turnamen sepak bola tidak hanya sebatas kegiatan rutinitas. Semangat penyelenggara olahraga sepak bola di Kabupaten Berau disampaikannya, sangat luar biasa. Hampir seluruh kecamatan di daerah ini menggelar turnamen yang sama, setelah sebelumnya bupati membuka sepak bola di Kecamatan Sambaliung, Kecamatan Kelay dan baru-baru ini di Kecamatan Batu Putih.

“Kalau semangat penyelenggara ini tumbuh berkembang secara aktif, seharusnya berbanding lurus dengan lahirnya bibit-bibit handal yang bisa menjadi perwakilan kita untuk menuju sepak bola yang lebih besar,” ungkapnya.

Namun, selama ini realitasnya disampaikan Bupati Muharram, pertumbuhan kader generasi sepak bola masih belum optimal. Sehingga evaluasi harus dilakukan, termasuk dalam pembinaan atlet tidak hanya dilakukan serius pada saat mendekati lomba akan dilakukan secara berkelanjutan.

“Semestinya kalau kita bersemangat, memberikan pengaruh terhadap kader-kader sepak bola handal dari Kabupaten Berau,” ucapnya.

Bupati Muharram berharap, dari turnamen yang diselenggarakan dapat melahirkan klub handal dari Bumi Batiwakkal yang nantinya dapat berbicara pada tingkat yang lebih tinggi, baik tingkat provinsi maupun ke nasional. Untuk itu, penyelenggara sepak bola bersama-sama komite olahraga nasional Indonesia (KONI) Berau, diharapkan melakukan evaluasi bersama dan dapat melakukan seleksi kepada setiap klub yang bertanding.

Di mana dapat dipilih pemain pemain terbaik dari setiap klub yang akhirnya melahirkan klub unggulan di Kabupaten Berau. “Kita berharap tim pencari bakat dan pengamat olahraga dapat seleksi pemain terbaik dan nantinya menjadi klub unggulan yang dapat berlaga pada jenjang lebih tinggi,” tandasnya.

Peran serta perusahaan swasta dalam pembinaan olahraga ini, menurutnya sangat penting. Sehingga dengan dukungan perusahaan akan semakin memaju olahraga. Bupati menyampaikan terima kasih kepada perusahaan yang berkontribusi dalam olahraga. Tidak hanya sebatas memberikan dukungan pada saat turnamen dilaksanakan, namun juga diharapkan berperan aktif dalam pembinaan secara berkelanjutan.

Kepada pemain sepak bola, Bupati Muharram menaruh harapan agar dapat menjadi atlet terbaik Berau. Menjaga kesehatan dan fisik dengan baik, termasuk tidak merokok, karena sebagai insan olahraga menurutnya sudah seharusnya dapat menjaga kesehatan. Bupati Muharram bahkan menegur langsung pemain yang merokok disela pembukaan turnamen. Menurutnya akan berat untuk menjadi yang terbaik jika pemainya merokok. “Kaget saya kalo ada pemain sepak bola merokok, tidak cocok. Tidak enak kita insan olahraga tapi merokok,” tegasnya. (hms4/app)