Detail Berita

Evaluasi Capaian Proper

Dibuat pada 7 August, 2017, terakhir di modifikasi 7 August, 2017

Evaluasi Capaian Proper
Evaluasi Capaian Proper

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Pemerintah Kabupaten Berau mengevaluasi penerimaan program penilaian peringkat kinerja lingkungan perusahaan (proper) dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kepada perusahaan di wilayah Kabupaten Berau.

Bupati Muharram didampingi Wakil Bupati Agus Tantomo mengumpulkan manajemen perusahaan penerima proper di ruang rapat Kakaban Setkab Berau, Kamis (3/8) pekan lalu.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri organisasi perangkat daerah (OPD) terkait tersebut, Bupati Muharram memberikan perhatian serius kepada perusahaan yang masih menerima proper merah. Bahkan, membeberkan langsung hasil penilaian proper yang belum bisa dipenuhi oleh manajemen pengelolahan limbah dan lingkungan dalam operasional perusahaan.

“Yang saya undang sebenarnya yang mendapat proper merah, yang wajib hadir. Yang (mendapat nilai) di atas proper merah, paling tidak ikut mendengarkan,” ungkap Bupati Muharram membuka pertemuan.

Bupati Muharram, bertanya langsung kepada perwakilan manajemen perusahaan yang hadir terkait pengelolaan lingkungan hidup. Mulai dari memiliki izin pembuangan limbah, ada yang sudah punya fasilitas pengolahan limbah tapi belum memadai, belum melakukan pemantauan harian, pengelolaan limbah B3 belum baik, belum mengantongi izin. Bupati Muharram meminta ada perhatian serius dari manajemen perusahaan agar capaian dapat meningkat tahun yang akan datang.

“Kita berharap ini menjadi perhatian serius dan capaian proper pada tahun yang akan datang kita harapkan dapat meningkat. Saya ingin tahun 2018 perusahaan yang sudah beroperasi tidak lagi ada yang dapat proper merah,” tegasnya.

Pemkab Berau ditegaskan Muharram, telah memberikan kebijakan dengan berbagai kemudahan bagi dunia usaha berinvestasi di Kabupaten Berau. Sehingga dirinya mengharapkan perusahaan juga turut melakukan operasional dengan mengikuti ketentuan yang ada, salah satunya dengan memberikan perhatian serius dalam pengelolaan lingkungan.

Dalam kesempatan itu Bupati Muharram, juga mengingatkan peran aktif perusahaan dalam pengelolaan lingkungan dan mewujudkan Kabupaten Berau yang hijau, bersih dan sehat. Program pengelolaan lingkunagn yang diwujudkan Pemkab Berau diharapkan mendapat dukungan dari perusahaan. Sehingga tidak hanya melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik di wilayah operasional perusahaan, namun juga dapat bersama-sama mewujudkan Kabupaten Berau, khususnya Kota Tanjung Redeb yang hijau dengan turut berpartisipasi membangun taman taman kota.

Hal senada disampaikan Wakil Bupati Agus Tantomo yang  meminta perusahaan memberikan perhatian serius dalam pengelolaan lingkungan, tidak hanya di lingkungan perusahaan. Tetapi juga turut serta menata kawasan perkotaan dengan berbagai realisasi program dan sebagai bentuk peran aktif perusahaan. (hms4/app)