Detail Berita

Proper Merah Jadi Peringatan

Dibuat pada 17 July, 2017, terakhir di modifikasi 17 July, 2017

Proper Merah Jadi Peringatan
Proper Merah Jadi Peringatan

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Sejumlah perusahaan di Kabupaten Berau, khususnya yang bergerak di sektor pertambangan batu bara menerima rapor merah dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) dalam pengelolaan lingkungan tahun 2017.

Penilaian ini mendapat perhatian serius Bupati Berau, Muharram yang meminta pihak perusahaan untuk melakukan koreksi terhadap capaian proper. Hal itu ditegaskan Muharram, saat memimpin upacara Hari Lingkungan Hidup Sedunia beberapa waktu lalu.

Proper merah dikatakan Muharram, merupakan peringatan bagi perusahaan, begitu juga dengan proper Biru yang diharapkan dapat ditingkatkan pada periode berikutnya. Bahkan jika penilaian dengan kinerja yang rendah ini terus berulang ditegaskan Muharram, bisa jadi Pemerintah Kabupaten Berau akan merekomendasikan kepada pihak yang berwenang untuk meninjau kembali izin perusahaan bersangkutan agar menjadi perhatian bersama. “Saya berharap merah dan biru ini agar supaya betul-betul menjadi koreksi buat kita,” tegasnya.

Ketika kita mengambil maka kita harus memberi. Ketika melakukan pemanfaatan alam dengan mengambil sumber daya alam yang ada maka harus berkontribusi dalam pengelolaan lingkungan yang baik. Sehingga seimbang antara yang diambil dengan berusaha melakukan perlindungan terhadap alam.

“Pengawasan terus-menerus tentu tidak bisa dilakukan karena dengan segala keterbatasan, namun kejujuran dan komitmen bersama dalam perlindungan alam perlu keseriusan bersama, kalau ingin terus berlanjut berusaha di Kabupaten Berau,” ungkapnya.

Bupati Muharram juga memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah melaksanakan mekanisme yang sesuai dengan amdal dan melakukan penataan lingkungan dengan baik sehingga memperoleh proper dengan predikat emas maupun hijau. Proper ini, merupakan kebanggaan bersama dan berharap dapat terus dipertahankan.

“Kita berharap semua perusahaan nantinya bisa berpredikat proper emas,” tegasnya.

Saat ini, eksistensi kehidupan manusia, dijelaskan Muharram sangat bergantung dengan lingkungan hidup. Sehingga Muharram mengajak seluruh dunia usaha dan masyarakat bekerja dan berbuat dari sekecil apa pun untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

Mulai dari diri pribadi, rumah tangga hingga lingkungan unit kerja dengan menjaga keindahan masing-masing.

“Kita munculkan semangat kita untuk mewujudkan lingkungan kita yang indah, aman dan nyaman,” tandasnya.

Pada Peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau juga memberikan penghargaan kepada dunia usaha peduli lingkungan. Diantaranya usaha perbengkelan di Kota Tanjung Redeb yang dinilai terbaik dalam pengendalian lingkungan. (hms4/app)