Detail Berita

Pelajar Berau Lolos Paskibraka Nasional

Dibuat pada 17 July, 2017, terakhir di modifikasi 17 July, 2017

Pelajar Berau Lolos Paskibraka Nasional
Pelajar Berau Lolos Paskibraka Nasional

PROKAL.CO, TANJUNG REDEB - Sebanyak 33 pelajar dari jenjang SMA/SMK sederajat yang berasal dari 13 kecamatan se Kabupaten Berau, terpilih menjadi calon paskibraka (Capas) yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada 17 Agustus mendatang.

Secara resmi pendidikan dan pelatihan (Diklat) Capas, dibuka Wakil Bupati Berau Agus Tantomo, di komplek Kolam Renang Kakaban Aquatik Tanjung Redeb, Kamis (13/7) kemarin. Pembukaan pelatihan ditandai dengan penyematan tanda peserta, kepada calon paskibraka yang dilakukan Wakil Bupati didampingi Sekkab Berau, Jonie Marhansyah dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Muhammad Dakri.

Dalam arahannya, Wabup Agus Tantomo menyampaikan selamat kepada pelajar yang telah melalui proses seleksi dan terpilih menjadi anggota calon paskibraka Kabupaten Berau tahun 2017. Putra putri pilihan ini ditegaskannya bukan lagi mewakili diri sendiri maupun membawa nama sekolah. Namun sudah menjadi wakil dari sekian ribu generasi muda Bumi Batiwakkal. Sehingga membawa nama baik Kabupaten Berau keseluruhan.

Selama mengikuti diklat, para calon paskibraka akan diasramakan dan mengikuti panduan dari pelatih dan pembina. Sehingganya ditegaskan Wabup, melalui pelatihan paskibraka, tidak hanya dilatih bisa baris berbaris. Namun lebih daripada itu, para calon paskibraka dipersiapkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Melalui pemusatan diklat akan banyak pelajaran yang didapatkan. Wabup mencontohkan dalam latihan ketika ada satu saja yang salah maka seolah-olah ada yang cacat, sehingganya ada pelajaran  berharga yang didapatkan bahwa dalam kehidupan ini tidak ada toleransi terhadap kesalahan atau kekeliruan. “Adik-adik akan belajar tentang disiplin, dimana disiplin adalah kunci kesuksesan,” tegasnya.

Menjadi calon paskibraka ditegaskan Agus Tantomo, adalah menjadi idola sebagian anak-anak muda Kabupaten Berau. Sehingganya para paskibraka harus menjaga sikap, baik kedisiplinan maupun perbuatan keseharian, karena kesalahan kecil yang dilakukan maka akan bisa dibesar-besarkan.

“Jadi adik-adik tidak lagi membawa nama naik pribadi maupun sekolah, tapi lebih dari itu adik-adik sudah membawa nama daerah, sehingga harus selalu menjadi kebanggaan,” tegasnya.

Pada Tahun ini pelajar Kabupaten Berau juga terpilih mewakili Kaltim untuk bergabung dalam paskibraka tingkat nasional. Pelajar atas nama Alfarez Deo Simangunsong, dari SMA 4 Berau lolos dalam seleksi tingkat provinsi Kaltim bersama putri perwakilan Kota Samarinda. Selain itu, tiga pelajar masing-masing 1 putra dan 2 putri mewakili Kabupaten Berau untuk bergabung di paskibraka tingkat Provinsi Kaltim di Samarinda.