Detail Berita

Wabup Tinjau Jalan Longsor di Poros Kelay

Dibuat pada 17 July, 2017, terakhir di modifikasi 17 July, 2017

Wabup Tinjau Jalan Longsor di Poros Kelay
Wabup Tinjau Jalan Longsor di Poros Kelay

PROKAL.CO, TANJUNG REDEB - Wakil Bupati Berau didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Basri Sahrin, Rabu (12/7) kemarin, meninjau kondisi jalan poros Kecamatan Kelay, yang longsor.

Wabup mengecek langsung kondisi jalan nasional tersebut. Pasalnya, jalan trans Kaltim tersebut merupakan akses darat masyarakat yang menghubungkan antar Kabupaten/kota. Sehingga perlu perhatian serius agar segera mendapat tindakan.

Kondisi longsor terparah berada di sekitar kilometer 30 dari Labanan Kecamatan Teluk Bayur menuju Kecamatan Kelay. Lebih dari setengah badan jalan yang kontruksi cor beton atau rigid pavement sudah turun dan tidak lagi bisa dilintasi. Bahkan kendaraan yang lebih terpaksa melintasi bahu jalan dan secara bergiliran.

Tidak hanya di kilometer 30, namun badan jalan yang cukup longsor cukup parah berada di sekitar kilometer 40. Sementara di beberapa titik lainnya juga sudah ada penurunan badan jalan yang juga berisiko longsor.

Wabup Agus Tantomo di sela-sela peninjauan, mengungkapkan jalan longsor merupakan ruas jalan nasional dan pihaknya sebatas mengomunikasikan dengan satuan kerja (Satker) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang menangani jalan. Dari beberapa titik yang ditinjau, disampaikan Agus selain dipengaruhi dengan kondisi alam, termasuk hujan, juga ada yang dikarenakan beban berat, terlebih poros Kelay juga dilalui truk dengan beban besar.

“Ada dua titik yang cukup parah dan berisiko putus, kita sudah koordinasikan langsung dengan satker,” ungkapnya.

Dari koordinasi yang dilakukan, ditegaskan Wabup tindakan penanganan akan dilakukan oleh satker untuk segera membenahi jalan yang longsor tersebut. Pemkab Berau ditegaskannya siap membantu yang dibutuhkan dalam percepatan penanganan.

Sementara itu jajaran dari Dinas Perhubungan bersama Polres Berau melakukan pengawasan terhadap kondisi jalan, serta memasang tanda peringatan sebagai informasi bagi pengendara yang melintas. Begitu juga dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau yang secara rutin memantau kondisi titik-titik rawan longsor di poros Kelay tersebut.