Detail Berita

Semarak Festival Tari Nusantara

Dibuat pada 17 July, 2017, terakhir di modifikasi 17 July, 2017

Semarak Festival Tari Nusantara
Semarak Festival Tari Nusantara

PROKAL.CO, TANJUNG REDEB - Festival Tari Nusantara dengan Gelar Koreografi Indonesia tahun 2017 yang dimulai Selasa (11/7) malam, berlangsung semarak. Peserta dari berbagai provinsi se Indonesia memberikan penampilan terbaik di hadapan ribuan masyarakat yang memadati Lapangan Pemuda Tanjung Redeb.

Malam pertama Festival Tari Nusantara diisi peserta dari Maluku, Sulawesi Tengah, Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Banten.

Festival Tari Nusantara yang merupakan kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia bersama Pemkab Berau tersebut, dibuka langsung Bupati Berau Muharram, ditandai dengan pemukulan gong. Festival yang kali pertama digelar di kabupaten ini juga dihadiri Direktur Kesenian Direktorat Kebudayaan Kemendikbud, Restu Gunawan.

Pada kesempatan itu Bupati Muharram menyampaikan terima kasih atas kepercayaan kepada Kabupaten Berau yang ditunjuk sebagai tuan rumah event nasional ini. Dijadikannya Berau sebagai tempat pelaksanaan event nasional ini menunjukkan jika Bumi Batiwakkal memiliki nilai lebih, terutama dalam pengembangan kesenian.

Melalui Festival Tari Nusantara ini, diharapkan Muharram menjadi semangat khususnya bagi generasi muda dalam mencintai seni dan budaya daerah. Menjadi bagian koreografi Indonesia dikatakannya, memperkaya seni budaya di Indonesia dan sekaligus menjadi alat pemersatu bangsa.

Di Kabupaten Berau seluruh etnis se nusantara ada di daerah ini, sehingga Berau bisa disebut miniatur Indonesia. Mulai masyarakat dari Sumatera hingga Papua ada di daerah ini. Sehingga paguyuban begitu banyak. “Banyaknya paguyuban di Kabupaten dengan karakter seni dan budaya yang dimiliki dan itu dilakukan pembinaan dengan baik, itu menjadi perekat dan kebersamaan di antara kami di Kabupaten Berau,” ucapnya.

Lebih lanjut Bupati Muharram, menyampaikan selamat datang kepada seluruh kontingen dari berbagai provinsi di Kaltim. Bupati Muharram mempromosikan langsung destinasi wisata yang ada mulai dari kepulauan pesisir hingga pedalaman, Bupati mengajak seluruh peserta untuk menikmati destinasi wisata sebagai oleh-oleh kembali ke daerah asal.

Sementara Direktur Kesenian Kemendikbud, Restu Gunawan, menyampaikan terima kasih kepada Kabupaten Berau yang menjadi tuan rumah dan mendukung pelaksanaan festival tari nusantara. Melalui program penguatan karakter bangsa dapat diwujudkan dengan membina seni dan budaya kepada generasi muda, diantaranya dengan gelar koreografi ini. Festival tari nasional ini dikatakannya diikuti peserta yang telah mengikuti seleksi di masing-masing provinsi.