Detail Berita

Perpustakaan SMA 1 Menuju Nasional

Dibuat pada 12 July, 2017, terakhir di modifikasi 12 July, 2017

Perpustakaan SMA 1 Menuju Nasional
Perpustakaan SMA 1 Menuju Nasional

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Menjadi terbaik di tingkat provinsi Kalimantan Timur, Perpustakaan Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Berau kini menuju ke nasional. Perpustakaan SMA pertama di Bumi Batiwakkal ini masuk dalam 10 besar dalam penilaian tingkat nasional.

Tim penilai nasional dijadwalkan akan melakukan verifikasi langsung ke SMA 1 Berau pada akhir Juli mendatang. Seperti diungkapkan Kepala Perpustakaan SMA 1 Berau, Mariani, Selasa (11/7) kemarin.

Perpustakaan SMA 1 Berau sebelumnya mengikuti penilaian tingkat provinsi Kaltim sejak tahun 2014 lalu. Berhasil menyabet terbaik ketiga, perpustakaan sekolah tertua di Berau ini terus meningkatkan peringkat dua kali meraih terbaik kedua dan melalui penilaian yang dilakukan tim provinsi pada Mei lalu, Perpustakaan SMAN 1 Berau berhasil menjadi terbaik pertama tahun 2017.

“Alhamdulillah tahun ini mewakili Kaltim ke penilaian tingkat nasional dan masuk dalam 10 besar, sehingga akan mendapat penilaian langsung dari tim nasional,” ungkapnya.

Menjadi terbaik dan terpilih mewakili Provinsi Kalimantan Timur, disampaikan Mariani, merupakan kebanggaan tidak hanya bagi keluarga besar SMA 1 Berau. Namun juga kebanggaan masyarakat Bumi Batiwakkal. Sehingga pihaknya terus berupaya memberikan yang terbaik dengan harapan yang dicapai dapat maksimal. Persiapan untuk mengikuti menyambut tim penilai pusat yang datang untuk melakukan visitasi terus dilakukan. Sesuai dengan informasi yang diterima tim penilai akan melakukan visitasi pada 26 hingga 29 Juli 2017.

“Informasi yang kami terima dari tingkat provinsi, tim penilai dari Jakarta ada visitasi pada akhir Juli nanti,” ucapnya.

Perpustakaan SMA 1 Berau tidak hanya menyediakan berbagai koleksi buku untuk memenuhi kebutuhan belajar mengajar di sekolah. Dengan slogan Sumber Informasi, Inspirasi dan Rekreasi, perpustakaan sekolah ini juga diciptakan menjadi wadah yang nyaman bagi peserta didik dan seluruh warga sekolah. Mulai dari tempat diskusi maupun kegiatan literasi yang dilaksanakan perpustakaan.

Penyediaan sarana dan prasarana juga terus dioptimalkan, mulai dari ruang baca hingga taman baca yang nyaman di sekitar sekolah. Perpustakaan SMA 1 juga telah terakreditasi oleh tim akreditasi perpustakaan nasional pada 2015 dengan hasil akreditasi B.

Dalam perkembangan teknologi Perpustakaan SMA 1 juga telah menggunakan software (Slim8) mendukung perpustakaan berbasis IT, sehingga memudahkan dalam pelayanan dan pencarian  buku bagi pemustaka.

“Kita terus memberikan yang terbaik dalam pengelolaan perpustakaan dengan terus mengikut perkembangan kekinian,” tandasnya. (hms4/app)