Detail Berita

Tiga Sekolah Terima Adiwiyata Provinsi

Dibuat pada 19 June, 2017, terakhir di modifikasi 19 June, 2017

Tiga Sekolah Terima Adiwiyata Provinsi
Tiga Sekolah Terima Adiwiyata Provinsi

PROKAL.CO, TANJUNG REDEB - Deretan sekolah peraih Adiwiyata tingkat Provinsi Kalimantan Timur dari Kabupaten Berau terus bertambah. Tahun ini, tiga sekolah, masing-masing SMA Negeri 4 Berau, SMP Negeri 6 Berau dan SMP Negeri 15 Berau, menerima penghargaan yang langsung diserahkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Selasa (13/6) di Lamin Etam Samarinda. Penghargaan diterima langsung kepala sekolah didampingi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau.

Kepala DLHK Berau Zulkifli, melalui Kepala Bidang Kebersihan Pengelolaan Sampah Limbah B3 Junaidi mengungkapkan, sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten Berau yang diusulkan mengikuti penilaian tingkat Kaltim sebanyak empat sekolah. Namun setelah proses penilaian dilalui, ditetapkan tiga sekolah naik peringkat dengan Adiwiyata tingkat Kaltim. Sementara satu sekolah lagi masih harus melengkapi pengisian administrasi dan kembali akan diusulkan pada Adiwiyata tahun depan. “Selamat dan sukses untuk SMAN 4, SMPN 6 dan SMPN 15, ini sekolah yang dapat penghargaan Adiwiyata provinsi,” ungkapnya.

Dari tiga sekolah penerima Adiwiyata provinsi, disampaikan Junaidi, salah satunya berasal dari kecamatan pesisir utara, yaitu SMP Negeri 6 dari Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan. Sementara, SMP Negeri 15 dari Tanjung Redeb dan SMA negeri 4 dari Sambaliung. Kembali masuknya sekolah dari kecamatan ini dikatakan Junaidi menunjukkan jika sekolah yang berada di pinggiran kota juga telah menerapkan sekolah berwawasan lingkungan. Hal ini juga menunjukkan pembinaan dalam program sekolah Adiwiyata terus diwujudkan hingga ke kecamatan terjauh. “Salah satunya dari kecamatan jauh dari SMP Negeri 6 dari Kecamatan Pulau Derawan,” ucapnya.

Tahun 2016 lalu, dari Berau hanya satu sekolah yang menerima Adiwiyata tingkat Kaltim, yaitu SMP Negeri 11 dari Kecamatan Batu Putih. Pemkab Berau melalui DLHK Berau juga terus berupaya menambah sekolah berwawasan lingkungan untuk mewujudkan sekolah hijau, sehat dan nyaman tidak hanya bagi siswa sebagai peserta didik. Namun juga seluruh warga sekolah dan juga masyarakat sekitar. Setelah Adiwiyata tingkat Kaltim, DLHK juga mengusulkan sekolah untuk meraih Adiwiyata tingkat nasional. “Kita akan terus memberikan pembinaan kepada sekolah agar semakin banyak sekolah Adiwiyata baik tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional,” tandasnya.