Detail Berita

Athin Berau Segera Diresmikan

Dibuat pada 19 June, 2017, terakhir di modifikasi 19 June, 2017

Athin Berau Segera Diresmikan
Athin Berau Segera Diresmikan

PROKAL.CO, TANJUNG REDEB - Pengembangan pariwisata dengan branding wisata halal di Kabupaten Berau merupakan salah satu program yang diinisasi Asosisasi Travel Halal Indonesia (Athin) Kalimantan Timur. Destinasi wisata Kepulauan Derawan menjadi salah satu yang dipromosikan Athin Kaltim sebagai daerah tujuan wisata halal di Bumi Batiwakkal.

Ketua Athin Kaltim Riza Rifai Rusman mengungkapkan, Berau memiliki keunggulan dengan berbagai keunikan pariwisata yang dimilikinya. Hal ini yang menjadi penilaian Athin Kaltim untuk mempromosikan pariwisata Berau sebagai wisata halal hingga ke tingkat nasional bahkan internasional. Setelah melakukan audiensi, Athin Kaltim meminta Bupati Muharram untuk mempresentasikan langsung kepada ratusan pengusaha travel halal di Indonesia dalam temu wisata halal di Jakarta beberapa waktu lalu. “Kami mengangkat Derawan karena beberapa kali dalam loka karya nasional, yang terkenal Kepulauan Derawan. Dari itu kami berkomitmen untuk terus mempromosikan wisata Derawan,” ungkapnya.

Untuk mempromosikan destinasi wisata di Berau, Athin Kaltim telah menyampaikan usulan kepada Athin pusat untuk menghadirkan para owner travel halal dari berbagai provinsi di Indonesia bertemu di Berau. Kopdar atau kopi darat bagi pelaku usaha travel halal ini dijadwalkan akan digelar pada September mendatang. “Melalui kegiatan ini kita akan mengundang berbagai pihak termasuk dari Kementerian Pariwisata,” jelasnya.

Tidak hanya sebatas pertemuan, melalui kegiatan ini juga akan digelar loka karya pariwisata berupa seminar dan workshop dalam bentuk pelatihan bagi pelaku usaha pariwisata. Maupun sertifikasi yang dibutuhkan dalam pengembangan pariwisata halal.

Athin Kaltim disampaikan Riza, juga telah mempersiapkan pembentukan Athin di Berau. Saat berkunjung ke Bumi Batiwakkal beberapa waktu lalu, pihaknya sudah bertemu dengan pelaku usaha travel untuk membentuk Athin. Pihaknya juga akan segera meresmikan Athin Berau. “Kami telah melakukan pertemuan dan akan segera kita resmikan Athin Berau. Kami juga ada konsorsium karyawan etam yang terdiri dari beberapa travel di Kaltim untuk mempromosikan dan menjual pariwisata daerah ini,” tandasnya.

Pengembangan pariwisata menjadi salah satu program prioritas Pemkab Berau. Bupati Berau Muharram mempromosikan wisata halal dihadapan ratusan owner travel halal dalam temu bisnis travel halal di Jakarta baru-baru ini. Dengan menjual branding wisata halal, Bupati Muharram menyakini jumlah kunjungan wisatawan ke Bumi Batiwakkal akan terus bertambah. Sehingga, melalui temu bisnis wisata halal yang juga dihadiri Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Halal Riyanto Sofyan, Muharram berharap Berau bisa masuk dalam daftar wisata halal nasional. “Kami di Berau memiliki visi yang salah satunya menjadikan kabupaten yang religius dan ini kami menilai sangat pas dengan visi kami melalui wisata halal,” ungkap Muharram.