Detail Berita

Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya

Dibuat pada 19 May, 2017, terakhir di modifikasi 19 May, 2017

Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya
Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Kabupaten Berau memiliki kebudayaan daerah yang masih terjaga dan lestari hingga saat ini. Budaya dan tradisi ini menjadi warisan dari para pendahulu yang terus dipertahankan. Kini keberadaan adat istiadat masyarakat Bumi Batiwakkal menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke daerah ini. Untuk itu, Bupati Berau Muharram mengajak masyarakat untuk terus melestarikan budaya daerah ini.

Dalam setiap kesempatan menghadiri pesta adat masyarakat, Bupati Muharram menyampaikan apresiasi atas peran aktif masyarakat dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan daerahnya. Terlebih kemasan dalam menampilkan berbagai kebudayaan daerah kini menjadi daya tarik wisatawan. Sehingga, selain mempertahankan tradisi para pendahulu, juga menjadi bagian pengembangan pariwisata daerah. Tidak hanya kelestarian tradisinya, orang nomor satu di Bumi Batiwakkal ini juga meminta perhatian serius terhadap fasilitas yang ada, seperti balai adat maupun sarana dan prasarana lain yang memang harus dijaga dan dirawat dengan baik. “Saya mengajak seluruh masyarakat untuk melestarikan budaya yang ada, termasuk menjaga dan merawat fasilitas yang ada,” ungkap Muharram.

Di Kabupaten Berau telah ditetapkan kampung budaya maupun kampung adat. Bahkan, kampung peninggalan pra sejarah sebagai upaya untuk menjaga dan melestarikan apa yang sudah ada di kampung tersebut. Karena itu, Bupati Muharram berharap upaya pemerintah ini mendapat dukungan dari seluruh masyarakat untuk bersama menjaganya. Seni dan budaya tidak hanya warisan yang harus dipertahankan. Akan tetapi, juga menjadi perekat bangsa karena melalui seni dan budaya seluruh masyarakat berbaur dan membangun kebersamaan.

Untuk itu, kampung-kampung yang kini menjadi daerah tujuan wisata, diharapkan Bupati Muharram, dapat terus berbenah dengan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi siapa pun yang datang. Menyediakan fasilitas yang baik dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga tampak asri dan menarik. "Dengan begitu, orang yang berkunjung ke kampung ini juga akan merasa lebih nyaman dan tentram. Melihat lingkungannya yang indah, asri, sehat dan bersih, ditambah dengan nuansa kebudayaan yang masih kental dan terjaga. Siapa yang tidak mau berkunjung ke kampung begini?," tandasnya. (hms4/rus)