Detail Berita

Bentuk Bank Sampah Tiap Kecamatan

Dibuat pada 19 May, 2017, terakhir di modifikasi 19 May, 2017

Bentuk Bank Sampah Tiap Kecamatan
Bentuk Bank Sampah Tiap Kecamatan

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Mengajak masyarakat untuk memilah dan mengolah sampah sehingga bernilai ekonomis, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Berau menggencarkan pembentukan bank sampah hingga ke tingkat bawah. Setelah masyarakat di Kecamatan Tanjung Redeb memiliki bank sampah, Rabu (17/5) kemarin, DLHK bersama jajaran Kecamatan Sambaliung dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sambaliung, me-launching Bank Sampah Banua Lestari. Tidak hanya Sambaliung, di hari yang sama juga di-launching bank sampah di Kecamatan Segah.

Kepala DLHK Berau Zulkifli, melalui Kepala Bidang Kebersihan Pengelolaan Sampah Limbah B3 Junaidi mengungkapkan, pembentukan bank sampah hingga ke kecamatan menjadi program dalam upaya mengajak masyarakat untuk memilah dan mengelola sampah. Dengan mengumpulkan dan menjual sampah melalui bank sampah menjadikan sampah kembali bernilai ekonomis. Selain itu, lingkungan akan terjaga dan volume sampah akan berkurang signifikan. “Kita mengajak masyarakat bagaimana memilah dan mengolah sampah melalui bank sampah,” ungkapnya.

Pembentukan bank sampah di tiap kecamatan, disampaikan Junaidi, ditarget bisa terpenuhi pada tahun ini setelah Tanjung Redeb, Sambaliung dan Segah. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan jajaran kecamatan dan TP PKK di tingkat kecamatan yang menjadi inisiator pembentukan bank sampah. “Setelah ini, Tanjung Batu, ibu kota Kecamatan Pulau Derawan telah siap diresmikan dan akan disusul kecamatan lainnya,” ungkapnya.

Tidak hanya me-launcing dan secara simbolis meresmikan bank sampah, namun DLHK juga langsung memberikan sosialisasi tata kelola bank sampah. Pihaknya juga secara resmi menyerahkan SK pembentukan pengelola bank sampah, serta buku rekening dan setoran bank sampahnya. Upaya ini merupakan program Pemkab Berau untuk mewujudkan Bumi Batiwakkal bebas sampah pada tahun 2019. “Kita ingin mewujudkan Berau bebas sampah 2019. Sehingga dengan bank sampah ini, menjadi bagian upaya untuk menciptakan lingkungan yang hijau, bersih dan sehat,” ungkapnya.

Sementara Camat Sambaliung Saharuddin, menyambut baik dukungan DLHK dalam membentuk bank sampah. Tidak hanya di tingkat kecamatan, pihaknya siap menindaklanjuti dengan membentuk unit-unit bank sampah di tingkat kampung. Sehingga dalam pengelolaan sampah ini terintegrasi dengan baik. Pihaknya berharap, program ini mendapat dukungan dari seluruh masyarakat untuk mewujudkan Sambaliung go green dan mendukung Berau bebas sampah 2019. (hms4/rus)