Detail Berita

Wabup Usulkan Angkutan Terpusat di Tanjung Batu

Dibuat pada 17 May, 2017, terakhir di modifikasi 17 May, 2017

Wabup Usulkan Angkutan Terpusat di Tanjung Batu
Wabup Usulkan Angkutan Terpusat di Tanjung Batu

PROKAL.COTANJUNG REDEB - Berbagai peristiwa yang terjadi di kawasan wisata bahari Pulau Derawan dan sekitarnya, membuat Wabup Agus Tantomo menyampaikan gagasan agar pelayanan angkutan laut dilakukan secara terpusat.  Sehingga seluruh aktifitas dan mobilitas perahu cepat yang ada di laut bisa termonitor.

Hal ini disampaikan Wabup Agus, saat melakukan kunjungan pagi usai apel di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Selasa (16/5), kemarin, yang meminta kepada segenap jajaran Disbudpar memikirkan dan segera memprogramkan hal tersebut.

Dalam pelaksanaannya, kata Agus, seluruh aktifitas angkutan laut, terutama yang datang dari Tarakan, tidak bisa melakukan trip langsung ke destinasi.  Tetapi harus masuk ke Tanjung Batu, dan selanjutnya angkutan lokal yang melayani ke semua destinasi wisata.

Mengapa ini harus dilakukan, tidak lain untuk memberdayakan angkutan lokal, serta bisa dilakukan pemantauan.”Semua pergerakan kendaraan di laut, bisa terpantau,”ungkapnya. 

Hal ini bisa dilakukan, dengan menyediakan seluruh fasilitas navigasi di masing-masing perahu cepat.”bila ada yang menurigakan. Bisa langsung dilakukan deteksi dini,”tegasnya.

Semua harapan itu bisa terlaksana, dengan dukungan penuh oleh asosiasi operator speedboat yang ada di Tanjung Batu dan Tanjung Redeb.  Sedangkan pemandu wisata juga seperti itu, pemandu wisata yang datang dari Tarakan, ketika tiba dalam wilayah destinasi wisata di Derawan, langsung diambil alih oleh pemandu wisata yang ada di Tanjung Batu.

”Sinergitas seperti ini perlu dikembangkan,”tandasnya.

Terkait dengan promosi wisata, Wabup yang melihat perkembangan kunjungan wisata yang terus meningkat, meminta kepada Disbudpar, agar mengumpulkan semua resort yang ada dan membahas keikutsertaan pameran yang ada di luar negeri.”Semua dibiayai oleh pemilik resort, toh biayanya tidaklah terlalu besar,”ungkapnya.

Menurutnya, ada dua event pameran internasional yang berlangsung di Tiongkok pada Agustus dan September, ia yakin dengan keikut sertaan Berau dalam hal ini para operator wisata, jumlah kunjungan wisata ke derah wisata bahari akan semakin banyak.”Tiongkok  saat ini, tengah mengalihkan perhatiannya ke Maratua dan sekitarnya untuk datang berkunjung, dan ini peluang pasar yang harus direbut,”kata Wabup (hms/app)